Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Wednesday, March 5, 2014

Haruskah Seorang Wanita...

Sebenernya gue lagi bingung mau ngepost apa. Tapi tiba-tiba aja keluar ide buat ngepost yang udah lama pengen gue ungkapin tapi bingung. Yah ini cuma curhatan gak jelas gue aja.

Oke, secara biologis, udah ditulis juga di akte kelahiran, kartu keluarga, KTP, dan juga gue selalu nulis di setiap biodata kalau jenis kelamin gue itu adalah perempuan. Tapi ada tapinya.

Gue merasa, bahkan yang lain merasa, diri gue bukanlah diri yang seharusnya ditakdirkan Tuhan buat gue.

Yap, gue cewek, tapi pribadi gue bukan seperti itu. Bukan orang lain aja yang ngerasa begitu, tapi gue sendiri pun begitu. Mau gimana lagi? Dari kecil emang udah ngerasa emang gue enaknya begini. Dan di keluarga gue cuma bokap yang cowok (lebih pantas disebut pria). Adek aja cewek. Dan entah kenapa itu mungkin sebab gue jadi kayak cowok. Kayak lho ya.

Pecicilan, suka yang agak aneh, olahraga, jalan-jalan tanpa tujuan sendiri, urakan, dan yang paling parah adalah dianugerahi suara yang indah menurut gue tapi cukup mencengangkan menurut orang lain, apalagi yang baru pertama denger suara gue yang bassnya itu udah gak bisa dikecilin. Malah makin kesini kata beberapa orang yang lama kenal sama gue malah makin gede bassnya.

Masalah fashion, yah fashion kemana-mana selalu aja kayak cowok. Yang kegedean, pake celana, dan intinya gak mau ribet. Cuma tambahannya gue make kerudung, jadi ketahuan kalo gue cewe. Seenggaknya. Kelakuan? Apalagi. Yah seenggaknya kali ini lebih kondisional aja. Kalo ketemu orang tertentu aja baru bisa jadi cewek dikit? Kalo udah kenal? Boro-boro. Haha.

Dan hampir 20 tahun itulah habit gue. Yah, lo tau sendiri kan habit (kebiasaan) itu paling susah diilangin. Bisa sih, asal ada kemauan orangnya aja.

Dari kecil gue selalu diingetin kalo punya kelakuan itu yang kayak cewek harusnya atau berubah dikit dong jadi cewe. Tapi apa hasilnya? Nihil. Begitu pula ampe sekarang.

Tapi yang sekarang itu semakin kenceng aja yang nyuruh gue harus berubah menjadi seharusnya yang ditakdirkan, apalagi sama orang tua dan temen yang deket: menjadi apa yang dinamakan wanita. Wanita yang sebenarnya. Yang seharusnya, seperti wanita yang lain. Dan wajah atau jawaban gue adalah: "Kenapa harus begitu?"

Dan inilah beberapa jawaban dari mereka:
  1. Umurmu tuh udah tua tau. Mana sebentar lagi udah 20 tahun. Udah gede kamu.
  2. Liat dong yang lain, mereka yang tadinya kucel, pecicilan, tomboy aja bisa jadi cakep sama cewek banget. Lha kok kamu gak ada berubahnya.
  3. Inget, agama gak ngebenerin lo buat melawan takdir. Kalo lo cewek ya jadi cewek dong.
  4. Kalo begini terus mana ada cowok yang ngelirik kamu?
  5. Ya masa lo mau pecicilan, kasar, tomboy terus gini sih? Ntar kesananya mau jadi apa?
Oh my God, what kind of that answer!? Gua selalu pusing dengan jawaban yang relatif itu-itu aja. Cuma itu doang jawaban yang gue denger. Apa gak ada yang lain!?

Setelah mendapat jawaban yang ada 5 jenis itu walaupun dengan kalimat yang bervariasi. Pastinya ada pertanyaan lain yang bikin gue bingung yang sampe sekarang itu masih terngiang di telingaku bisik cintamu. Eh, malah jadi terlena. Maksud gue masih terngiang di pikiran gue.
  1. Apa gunanya kalo gue itu terlalu sesuai dengan apa yang ditakdirkan Tuhan?
  2. Apa harus gue ngikutin orang lain?
  3. Apa semua cowok suka yang feminim?
  4. Apa masa depan yang tomboy itu suram?
Oke, buat pertanyaan pertama itu, astagfirullah, tentunya gue gak mau yang namanya ngelawan takdir karena apa yang udah dikasih sama Tuhan itu emang yang paling baik dan pastinya semua yang diberi sama Dia itu pasti ada hikmahnya. Ada pelajarannya, yang bikin kita itu bersyukur. Dan gue juga tau kalau Allah itu gak suka sama wanita yang menyerupai pria. Tapi gini, se-tomboy-tomboynya tuh cewek pasti ada sisi, seenggaknya satu sisi, yang nandain kalo dia itu emang dasarnya cewek. Walaupun bener-bener kayak cowok, naluri asli ceweknya itu pasti ada. Apalagi kalo udah hormon berkembang. Dan se-tomboynya cewek, pasti ada sifat tertentu yang nunjukin kalo cewek itu emang calon ibu masa depan. Apapun itu. Oke, gue emang gak terlalu suka sama hal yang terlalu cewek. Tapi ada beberapa hal yang, yah, emang disitu sisi cewek gue, walaupun gak tau persisnya apa karena yang lebih tau itu Tuhan dan orang lain.

Pertanyaan kedua gue itu. Gini. Banyak banget temen-temen kecil gue yang cewek, yang tadinya itu tomboy lah, mukanya kucel lah, dicengin mulu karena penampilannya lah. Dan tiba-tiba pas reunian, atau yah sekedar iseng aja kepo di socmed, atau denger cerita orang, kalo tuh cewek jadi berubah banget. Jadi cewek banget, jadi cantik banget, pokoknya jadi berubah 180 derajat deh dari segi penampilan dan kepribadiannya. Ini kisah nyata, pake banget. Apalagi waktu reunian, semua temen gue yang cewek itu merawat betul badannya. Sementara gue, muka dari kecil ampe sekarang gak ada yang berubah. Kulit tetep aja item, malah makin item, suara gue gak bisa jadi soft, malah makin bass. Kalo dilatih gue berharap banget jadi kayak Pavarotti. Pecicilan, nyablak, agak barbar. Alhamdulillah gw berusaha untuk menjaga kesehatan. Dan itulah gue. Secara gak sadar gue menikmati diri gue yang seperti ini dan persetan dengan orang lain. Mereka lebih kenal gue yang begini dan gue begini karena inilah gue, bukan karena akting tau ada alasan tertentu. Toh selama gak ngerugiin dan nyakitin orang lain apalagi bikin dosa. Dan kalo gue mandang yah, kenapa sih harus segitunya banget, maksud gue tuh pake dandan lebay, baju ampe kayak gak ada bahan lagi, sepatu haknya naujubilah. Oh God, yang gw yakinin kan Allah suka yang sederhana, karena berlebihan juga gak baik. Dan itulah alasan kenapa gua lebih baik kayak orang gak punya atau apalah itu, yang ada aja. Gimana ya? Gini ya.

Okelah ya bagi gua sih wajar aja cewek itu pengen tampil cantik. Yah itumah bukan rahasia lagi kan. Orang secakepnya cewek yang penampilannya kayak cowok tetep aja dibilang cantik, cantik dari caranya sendiri. Cuma kalo gue, itu masih tanda tanya besar. Tapi apa yang gue liat lama-kelamaan itu malah aneh banget ya. Dandannya lebay, eyeliner ampe tebel 1 senti padahal cuma mau ke rumah tetangga main doang, lipstik merah menyala nan menantang bo' (merah jablay), pake bb cream ampe-ampe muka ama leher putihan mukanya, atasan yang harusnya jadi daleman baju malah jadi pakaian luar, celana yang cuma sepaha yang ampe bikin gue bingung apa dia gak masuk angin pulangnya, terus sepatu yang uwoow kill heels bo, haknya ampe belasan centi. Terus ada lagi nih ya, disini gue yang juga orang yang pake kerudung, jaman sekarang gue bingung sama istilahnya hijabers. Oke, I'm happy when thay're decided to covering their heads, hairs, and necks with hijab. But in reality? Oh God, bukannya gue sok alim ya. Disini juga gue orang yang gak alim banget, masih belajar lah. Tapi kok yang dibilang hijabers itu, jujur, malah gue miris, mereka pake kerudung kok tapi yang gue liat malah sama aja mereka cuma pake topi atau pake hoodie gitu lah ya. Inget ya, gw bukan sok alim. Gue juga masih gak bener, make kerudung gue itu tapi cuma standar aja, tapi gak terlalu panjang, dan gak pendek juga nggak mungkin. But at least it's covering my hair, head, neck, and also my chest, and my back, insya Allah.

Dan terus apa yang harus gue ikutin dari fashion yang kayak gitu? Even my mother said that I must follow that fashion! Oh, mom, wake up, I refuse that statement not because I'm ancient or because of my boyish. But, it because of the reality of life. Coba deh lo nalar, banyaknya kejahatan yang korbannya cewek (baca: pelecehan seksual), itu pasti ke cewek yang yah yang golongannya lebay fashion itu deh. Coba lo ke yang gak dandan, mukanya item, pake kerudung, baju biasa aja cenderung ke oversize, dan diem cuma nyapa yang biasa aja kalo ada yang nanya, man, paling cuma nanya apa adanya, kalo nggodain juga cuma "Assalamualaikum, Neng.", udah bubar. Coba deh lo ke yang kelompok 'lebay' itu, kalo ditanyain, palagi ama cowo, jawabannya hadeh, menyayat hati yang denger bo, rata-rata. Ya pantes aja ada kejadian orang niat awal cowonya begitu ditambah cewenya yang begitu yaudah deh say goodbye.

Terus yang pertanyaan yang ketiga itu. Cowok. Emang ya semua cowok begitu? Gue disini emang banyakan temen cowok dan merasa lebih nyaman temenan ama cowok walaupun yang cewek juga ngerasa enak tapi gak sebanding ama cowok. Tapi kalo udah masalah yang yah gue gak pernah nanya tipe ideal cewek temen-temen gue itu. Mungkin karena gue emang orang yang, elah apaan sih, emang penting banget gitu ya lo punya pacar? Oke kalo soal ini itu masing-masing orang sih. Tapi kalo gue, yah seneng ama lawan jenis wajar lah, maklum gue udah remaja gini. Tapi pacaran, kayaknya nggak deh. Bukannya kenapa, karena cowok yang gue suka itu kemungkinan gak suka sama gue. Jadi cuma sekedar pendam dalam hati aja. Anjir jadi curhat gini. Tapi, boys, what you looking at the first sight when you love a girl? Of, course, most of them choose the physics! The body! Dan timbul beberapa kalimat aneh:
  1. Apa harus ya semua cowok begitu?
  2. Ada gak sih cowok yang lebih ngeliat baiknya cewek daripada badannya? Langka!
  3. Terus nasib gua yang jelek ini gimana? Gak bakal dapet?
Dan gua pernah ngomong ini ke temen gua yang cewek soal pertanyaan ketiga ini, dia jawab, "Kamu tuh gak jelek. Cantik kok. Cuma emang kayak cowok. Dan pasti ada kok suatu saat nanti." Dan gue pernah ngomong ini ke cowok dan jawabannya, "Lo jangan gitu. Lo gak gitu kok. Udah ada yang nentuin kok." Okay, I always believe that God have design every people's life, from born till death, termasuk yang jodoh ngono-ngono. Tapi apa gak ada yang menerima cewek apa adanya? Yah ada sih, masih banyak.

Dan yang terakhir, soal masa depan. Wey, cewek yang begitu malah keren. Walau misalkan sama atasan karena penampilan yang kurang menarik malah sering disuruh tapi kan hikmahnya jadi lebih belajar tentang kehidupan daripada wong lenjeh yang taunya hedon doang. Dan cewek yang begini tuh lebih sabar men daripada yang lenjeh walaupun kadang-kadang kalo disenggol malah bacok.

Aduh, dari tadi udah aneh aja postingan ini.

Tapi setelah dipikir, umur gue mau nginjak 20, gue mahasiswi, dan gue cewek. Sedikit nyoba walaupun jadinya aneh dan gue gak nyaman dan beberapa temen gue ngerasa gue aneh banget. Tapi haha, waktu itu pernah iseng nanya soal pengen berubah itu, awalnya gue takut karena bakal diketawain. Ternyata? They're support me to do that. Tapi kenyataannya, berat banget. Jujur, ninggalin yang beginian itu lebih susah daripada lo ngerjain soal SNMPTN. Suruh pelan-pelan, tapi tetep aja berat. Karena itu udah kebiasaan yang emang udah lama banget. Tapi mau gimana, gak boleh melawan takdir. Dan di diri gue masih susah banget buat ninggalin habit yang udah dari dulu ngakar.

So what must I do?

No comments:

Post a Comment