Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Monday, January 25, 2010

Nama-nama Dewa Mesir

* Aken Ferryman of the Underworld ->aken aslinya adalah dewa yang mengendalikan kapal yang membawa Ra pada siang hari.pada akhirnya kapal yang ia sediakan menjadi pembawa manusia menyeberang di underworld

* Aker Guardian and Gatekeeper of the Underworld -> Aker aslinya adalah melambangkan horizon. karena ia melambangkan perbatasan maka ia dapat mejadi penjaga pintu untuk masuk dan keluar dari Underworld.

* Am-Heh - Devourer of Millions -> Am-Heh adalah dewa underworld yang ganas. Ia hanya patuh pada Atum.

* Ament Greeter of the Dead -> Ament adalah istri dari Aken.Ia akan menawarkan roti dan air kepada mereka yang baru meninggal

* Ammit Devourer of the Wicked -> Dewa minor yang berupa gabungan dari buaya(kepala), leopard (badan), dan kuda nil(bagian bawah). Ia bertugas untuk memakan jiwa yang didapati jahat oleh Osiris.

* Amun and Amun-Re The King of the Gods ->Amun, bersama istrinya amuntet aslinya adalah dewa yang merupakan bagian dari Ka/Ba (nyawa/soul). namun kemudian menjadi raja para dewa dan bahkan menjadi satu-satunya dewa di mesir(monotheism) namun akhirnya kalah oleh para pemuja Osiris dan Isis dan menjadi terpinggirkan.

* Anat Mother of Gods ->Anat aslinya bukan berasal dari mesir namun kemudian masuk menjadi bagian dari mesir. Ia dianggap sebagai dewi kesuburan, percintaan, perburuan dan perang. Anat biasa dianggap sama dengan Neith/Net.

* Andjety A precursor of Osiris ->Andjety disebut sebagai Dewa Underworld sebelum osiris. Ia mempunyai peranan yang sama dengan osiris. Ada yang berpendapat bahwa Osiris adalah nama kemudian yang diberikan untuk menggantikan Andjety.

* Anqet The Embracer, Goddess of Fertility and the Nile at Aswan ->Dewi kesuburan dan Dewi sungai nile

* Anubis God of Embalming ->Anubis awalnya adalah dewa mumifikasi dan juga dewa Underworld tapi kemudian ia hanya menjadi dewa mumifikasi

* Anuke Goddess of War ->Dewi perang

* Anuket Goddess of the Nile ->Nama lain dari Anget

* Apep The Great Destroyer ->Apep adalah ular raksasa yang menjadi musuh besar Ra. Ia lebih tepat disebut sebagai iblis dibandingkan dewa. Ia tidak pernah disembah di mesir kuno dan dipandang sebagai jelmaan kejahatan.

* Arensnuphis Anthropomorphic Nubian Deity ->Dewa nubia yang masuk ke mesir pada saat raja2 nubia menginvasi mesir. Ia kemudian disebut sebagai "teman" Isis. Ia dianggap sebagai dewa yang baik.

* As Kindly God of the Desert ->disebut juga Ash. Ia merupakan dewa oasis dan merupakan dewa padang gurun yang baik.

* Astarte, Warrior Goddess of Canaan -> Putri Ra, istri Seth namun ia aslinya tidak berasal dari mesir(Dewi yang diadopsi masuk ke dalam kepercayaan mesir kuno)

* Aten The Sun Disk and later God -> Aten pada awalnya adalah sebutan untuk Bola matahari dan bukan dewa melainkan bagian dari Ra namun akhirnya ia menjadi dewa dan malah Ra menjadi bagian dari dirinya.

* Atum The All-Father -> Ia merupakan sumber segala sesuatu. Mythologi lain menyebutnya sebagai ciptaan pertama dari Ptah dan dari dia baru segala sesuatunya berasal.

* Auf (Efu Ra) An aspect of the sun god Ra ->salah satu aspek dari Ra

* Baal, God of Thunder -> Baal juga merupakan dewa asing yang diserap menjadi dewa mesir. Di carthage dia disembah dengan mempersembahkan manusia dan menjadi dewa yang paling kuat namun di mesir ia menjadi dewa halilintar.

* Ba-Pef - The Soul ->atau disebut juga Ka adalah jiwa manusia

* Babi - The Dominant Male Baboon God ->Babi diambil dari baboon dominan dalam mesir. Dalam perkembangannya ia menjadi anak tertua dari Osiris.

* Banebdjetet God of Lower Egypt -> Ia merupakan pelindung dari lower egypt(bagian selatan dari mesir)

* Bast Beautiful Cat-Goddess -> Putri dari Ra merupakan dewi yang paling terkenal setelah Isis. Ia aslinya adalah dewi matahari namun kemudian setelah ada pengaruh dari yunani ia menjadi dewi bulan

* Bat - Ancient Cow Goddess -> Salah satu dari dewi sapi namun kemudian diserap/digantikan oleh Hathor.

* Benu (Bennu) - The Bird of Creation-> Ia aslinya merupakan salah satu aspect(bagian/bentuk) dari Atum dan kemudian dihubungkan dengan Ra. Pada akhirnya benu menjadi salah satu bentuk dari Osiris yang bangkit kembali.

* Bes Protector of Childbirth -> Bes adalah dewa pelindung anak2 dan kelahiran. Bes aslinya bukan berasal dari mesir namun akhirnya menjadi umum di rumah2 sebagai penangkal setan (dewa pelindung)

* Dedwen - Nubian God of Resources -> Dewa harta yang berasal dari nubia. Pada suatu waktu pernah dipuja di mesir

* Denwen - The Fiery Serpent -> Dewa ular yang berapi-api yang hampir memusnahkan para dewa.

* The Ennead The Nine Great Osirian Gods ->disebut sebagai gabungan dari 9 dewa utama dari mesir kemudian(masa Osiris dan Isis). 9 dewa yang tergabung dalam The Ennead adalah Atum, Shu, Tefnut, Geb, Nut, Osiris, Isis, Set, dan Nephthys

* Fetket - The Sun God's Butler -> Pelayan(cowok) dari dewa matahari(Ra).Versi kuno dari bartender di jaman kita

* Geb God of the Earth ->dewa bumi

* Gengen Wer - The Great Honker -> Aslinya adalah dewa angsa. Pada masa Amun disembah sebagai sang pencipta ia adalah angsa yang membawa telur yang berisi kehidupan. Nama lainnya adalah Negeg

* Hapi God of the Nile River ->Dewa sungai nile

* Hathor Goddess of Music and Dance ->Dewi musik dan dansa

* Hatmehyt - The Fish Goddess ->dewi ikan

* Haurun, The Victorious Herdsman -> aslinya merupakan dewa tanah dari kanaan. Ia menjadi model bagi sphinx

* Heh and Hauhet Deities of Infinity and Eternity ->heh dan hauhet adalah pasangan dewa-dewi yang melambangkan kekekalan dan waktu.

* Heqet Frog Goddess ->dewi kodok

* Heret-Kau - She who is Above the Spirits ->biasa dipuja bersama Isis dan Neith. Ia diperkirakan sebagai pemegang peranan penting di Afterlife(kehidupan setelah kematian)

* Heryshef, Ruler of the Riverbanks -> dewi tepi sungai

* Heset Goddess of Plenty -> dewi kemakmuran

* Hetepes-Sekhus - An Eye of Re ->Mata dari Ra(salah satu aspect of Ra)

* Hike God of Magic and Medicine -> Dewa sihir dan obat-obatan

* Horus King of the Gods on Earth ->Aslinya Horus adalah putra dari Ra namun kemudian menjadi putra dari Osiris. Ia adalah pelindung pharaoh dan merupakan raja para dewa-dewi yang ada di bumi.

* Hu God of the Spoken Word -> bersama dengan Sia ia adalah keturunan dari Ra. Sia adalah pikiran para dewa dan Hu adalah perkataan para dewa

* Iabet, Cleanser of Re, Personification of the East ->Dewi Gurun pasir timur. Dewi kesuburan dan kelahiran kembali.

* Ihy - The Child God-> Putra dari Hathor dan Horus

* Imhotep Lord of Science and Thought->Aslinya adalah manusia. Ia kemudian menjadi dewa pengetahuan

* Ipy (Opet), A Mother of Osiris ->Ibu dari Osiris

* Isis Queen of the Gods ->Ratu para dewa, Ibu dari Horus. Istri Osiris. Ia adalah dewi wanita, ibu-ibu, anak-anak,sihir dan obat-obatan.

* Iusaas - Creator Goddess -> Pasangan dari Athum. Dewi pencipta

* Kabechet Helper of Anubis ->Putri Anubis. Membantu dalam proses mumifikasi.

* Kek and Kauket, Deities of Darkness, Obscurity and Night ->Dewa dan dewi kegelapan, ketidakjelasan dan malam.

* Khenmu The Great Potter -> Pencipta manusia. Ia disebut membuat manusia dari tanah liat.

* Kherty - Ram-headed God -> Dewa Lembu jantan. Ia mempunyai dua sifat yaitu permusuhan(hostility) dan perlindungan.Untuk menangkal Kherty diperlukan perlindungan dari Ra. Kherty juga merupakan pelindung makam.

* Kephri The Great Scarab -> Kephri adalah kumbang raksasa yang menggulingkan bola matahari dalam salah satu mitos. Ia biasa diasosiasikan dengan matahari, kehidupan dan kebangkitan.

* Khonsu God of the Moon ->Dewa bulan.Nama lainnya adalah Aah. Ia bisa dilihat sebagai bulan purnama diatas kepala Osiris dan bulan sabit diatas kepala Thoth.

* Maat Lady of Truth and Order -> Maat adalah dewi keseimbangan yang menjaga agar dunia ini tetap seimbang. Ia juga dewi keadilan.

* Mafdet Goddess of Scorpions and Snakes ->Ia merupakan dewi pelindung yang melindungi manusia dari kalajengking dan ular

* Mahaf - The Ferryman ->Nama pengemudi kapal yang disediakan oleh Aken

* Mahes The Lord of the Massacre ->Ia merupakan putra dari Bast dan Ptah dan merupakan penghukum mereka yang melawan maat, yaitu keseimbangan dunia.

* Mandulis - The Lower Nubian Sun God ->Dewa matahari dari Nubia

* Mehen Defender of the Sun Boat -> Pelindung Kapal yang membawa matahari

* Mehet-Weret - Cow Goddess of the Sky ->Dewi berbentuk kerbau.Ia melambangkan aliran sungai di surga.

* Menhit Lion-headed War Goddess -> Dewi perang

* Mertseger Guardian of the Valley of the Kings ->Pelindung Valley of the kings(Makam para raja2 di lembah, bukan di piramid)

* Meskhenet - Goddess of Childbrith ->Dewi yang menolong kelahiran

* Mihos - Son of Bastet ->salah satu putra bastet

* Min God of Fertility -> Dewa kesuburan

* Montu, Warrior and Solar God -> Dewa perang dan salah satu aspect dari Ra(dewa matahari)

* Mut Grandmother of the Gods ->nenek para dewa.Kedudukannya bahkan lebih tinggi dari Isis

* Nefertem Lord of the Sunrise ->Dewa Pagi hari

* Nehebkau, the God who Joined the Ka to the Body ->Dewa yang menyatukan jiwa kedalam tubuh manusia

* Nekhbet Goddess of the Power of Kings ->Dewi pelindung kekuasaan pharaoh dan juga dewi pelindung bayi dan kelahiran.

* Neith Goddess of War and Funerals ->dewi perang dan pemakaman. Kedudukannya mirip dengan Athena di mitos Yunani

No comments:

Post a Comment