Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Sunday, June 16, 2013

Hak sih Hak, Tapi...

Tiba-tiba kepikiran aja mengenai hak. Bukan, bukan hak yang suka ada di sepatu anak-anak cewek biar mereka keliata lebih tinggi padahal yang ada cuma bikin kaki pegel doang.

Tapi ini masalah hak.

Hak, sesuatu yang didapat semua orang.

Hak. Setiap orang punya hak yang berbeda-beda. Tergantung kebutuhan.

Hak itu beda sama kewajiban. Kalo kewajiban itu harus, sementara hak itu terserah lo aja.

Tapi sebenernya gw ngomongin apaan ya kok malah hampir gak ada arah gini? Kenapa tiba-tiba hak itu ada di pikiran gw. Dan lebih gak penting lagi gw juga pake ngetik segala di blog.

Oke, jadi yang selama ini terngiang-ngiang di otak gua itu sebuah kalimat yang muncul dari mulut beberapa temen gw.

"Bukan haknya! Bukan haknya!"

Ingat ya. Sekali lagi, bukan hak yang ada di sepatu lho. Tapi ini masalah keadilan. Ketika kita semua mencoba buat jadi orang yang bener tapi ada aja orang yang gak bener.

Oke gw terlalu berbelit-belit. Soalnya mau ngungkapin juga agak susah.

Gini, ini masalah sosial. Masalah antara yang kaya dan miskin. Ketika yang kaya menjadi semakin kaya dan yang miskin pun semakin miskin.

Ah, dasar kapitalisme. Ketika semua bergantung kepada uang, uang, dan uang. Ketika uang menjawab segalanya.

Kesel berat gua. Apalagi sama yang sekelas bidik misi lah, beasiswa lah, apalah itu yang intinya keringanan biaya buat orang yang kurang mampu.

Gini, kan harusnya kalo yang sekelas keringanan begituan kan buat orang yang kurang mampu ya. Tapi ternyata fakta di lapangan itu beda jauh lho. Ternyata penerimanya itu gak sesuai dengan harapan. Yah lo taukan maksud gw yang gimana aja. Yang harusnya yang nerima itu orang kurang mampu malah yang dapet orang kaya banget. Yang harusnya mereka yang buat makan aja susah eh malah yang dapet yang pegangannya Blackberry, Android, bahkan pakenya itu segala merek Apple gadgetnya. Lo gak percaya? Hahah, bukti nyata ternyata ada di sekitar gw.

Apa mereka gak mikir ya kalo sebenernya mereka yang kurang mampu itu butuh? Tapi salutnya mereka yang harusnya dapet itu malah gak ngeluh. Mereka malah berusaha supaya mereka bisa mencukupi kebutuhannya sendiri tanpa ngerepotin orang banyak. Lah buat yang ngambil bukan haknya, bisanya bikin beban orang banyak aja deh.

Gw rasa pikiran lo sama ama gw juga soal ini. Buat yang merasa gw sindir, silakan renungin aja sendiri.

No comments:

Post a Comment