Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Wednesday, July 31, 2019

La Vita è Bella [Life is Beautiful] REVIEW

Horeeeeee... Akhirnya aku update Blogger lagi. Senangnya diriku, turun panas demamku, kini aku bermain dengan tenang! (Itu kan iklan obat INZANA jaman dulu banget)

Nah kali ini gue mau review sebuah film yang sebenernya pengen banget gue tonton tapi ga sempet terus karena pas malem tidur pules mulu, padahal downloadnya udah dari bulan kemaren. Dan beneran baru banget nonton jam 2 pagi tadi. Sebuah film lama dari Italia dan bahasanya pun Bahasa Italia.

La Vita è Bella, bahasa Inggrisnya, Life is Beautiful




Film ini rilis pada tahun 1997. Awalnya gue tau film ini karena sempet dimention sama Deddy Corbuzier di acara Hitam Putih pas bintang tamunya Ade "Jigo" (pas beberapa hari setelah kejadian tsunami Banten-Lampung, dan cuma Ade ama anaknya yang selamat, sementara istrinya meninggal). Nah, si Deddy ngasitau buat nonton film ini dan ngasitau sedikit ceritanya, dan dari sedikit itu gue jadi penasaran banget buat nonton. Pas udah download pun sempet ragu karena ini film beneran bagus atau orang-orang sekedar nge-rate aja tapi ternyata B aja. Tapi pas gue pikir lagi ini kan film Italia, kalo film non-Hollywood dapet review yang bagus banget, otomatis film ini bagus. Tapi ga sempet nonton mulu karena pasti gue tidur cepet.

Akhirnya daripada ragu lagi, gue tanya aja temen gue orang Italia asli. Gak mungkin nih bocah ga tau nih film. Dan ternyata dia udah nonton berkali-kali sejak kecil dan rekomen banget film ini ke gue.

Dan akhirnya gue pun begadang demi film yang bikin gue penasaran selama sebulan ini. Beruntungnya gue dapet yang asli pake Italiano, karena katanya ada yang pake English. Dan subtitle yang dipake Bahasa Indonesia (biar sekalian belajar bahasa Italia).

Dan saatnya menonton karya yang katanya waw banget dari Roberto Benigni!


Film ini berlatar di suatu daerah kecil di Provinsi Toscana (Tuscany), Italia bernama Arezzo, pada tahun 1939 (zaman Perang Dunia I). Terdapat 2 pemuda yang sedang naik mobil, Guido Orefice si kurus keriting dan temennya yang nyetir, Ferruccio. Adegan dimulai dengan si Ferruccio yang lagi asik berpuisi sambil nyetir dan Guido yang asik dengerin puisinya. Tiba-tiba si Ferruccio teriak "Remnya blong!" dan si Guido ngira itu bagian dari puisi. Eh pas nyadar remnya blong, hebring mereka dan belok ke turunan yang penuh dengan pohon, dan kembali ke jalanan dengan penuh hiasan pohon mobilnya. 

Nah di jalanan situ ceritanya penduduk sekitar situ lagi pada mau nyambut raja mereka. Nah kebetulan banget mereka turun ke jalanan yang belakangnya ada 2 pengawal bawa motor. Lengkap deh dikira mereka pasukannya Musollini, dan mereka tetep panik dengan remnya yang blong. Kocaknya, si Guido ini padahal nyuruh mereka buat minggir, tapi karena gesturnya kayak hormat ala fasis (tau lah kalo yang suka baca atau nonton sejarah tentang Hitler atau Nazi, atau Mussollini), mereka minggir tapi nyambutnya makin meriah. Giliran mobil dari kerajaan malah mereka ngalangin.

Akhirnya mereka berhenti di sebuah ladang dan benerin remnya yang blong itu (Ferrucci sih yang benerin). Setelah selesai, Guido pergi ke sumur buat nyuci tangan dan dia ngeliat anak cewek lagi merah sapi. Oke, disinilah mulai bullshitnya Guido, ngaku-ngaku pangeran dan semua miliknya. Terus tempatnya mau diganti jadi Addis Ababa (padahal itu ibukota Ethiopia lol) segala mau datengin onta, kuda nil dan apalah itu. Dan Eleonora (nama si anak cewek ini) percaya aja--sangat polos.

Dan si Guido ini pas mau pamit ke Eleonora, eh tiba-tiba ada cewek jatoh dari jendela lantai atas rumah dan ditangkep sama Guido, dan jatoh bareng deh ke jerami. Merekapun liat-liatan *eaaaa. Nama cewe itu Dora dan kakinya kesengat lebah. Guido yang sok iya langsung ngisep racun di kaki Dora dan tentunya langsung diludahin. Tapi manjur lho hahaha.

Oke, itu pertemuan pertama Guido dan Dora. Terus, si Guido sama Ferruccio pergi ke tempat tujuan awal, rumah pamannya Guido, Eliseo. Mereka berdua ini bakal tinggal disana. Pas mau masuk, tiba-tiba keluar 3 orang terus lari. Ternyata pas diliat di dalam Eliseo diserang sama orang yang gak dikenal. Nah disini udah mulai bau-bau kejadian rasisme terhadap kaum Yahudi.

Eliseo pun mempersilakan Guido dan temennya itu buat tinggal di gudangnya yang penuh dengan barang-barang antik (jadi pamannya ini kolektor). Abis itu pergi deh Eliseo sama kudanya, Robin Hood.

Hari berikutnya mereka nyari kerjaan. Nah si Ferruccio kerja bantuin benerin barang punya seseorang, dan si Guido tuh seneng sama topinya, dan dengan enaknya topinya dituker. Untung yang punya tahu yak, dituker lagi. Tuker terus tuh ampe si Guido menang dan bawa kabur topi hitamnya. Yang kocak di scene ini tuh gue salfok sama anak kembarnya--Benito sama Adolfo yang bikin ngakak. Mereka awalnya bercanda tabok-tabokan guling, eh abis disuruh diem sama bapaknya, tetep aja main tendang-tendangan kaki, eh ribut lagi dah (bener-bener bocah dan mereka imut :3). Dan itu bikin si Guido berhasil ngambil topi bapaknya yang hitam legam itu keluar rumahnya.

Bocah ini nih yang bikin gua geli sendiri (yang di belakang ye)
Btw, bapaknya sepertinya ngefans berat sama Fasisme yak, nama anaknya aja Benito sama Adolfo. Nangkep lah ya 2 nama itu cuma dibikin Italia aja.

Selanjutnya, Guido pun pergi ke kantor pemerintah. Dia minta surat izin buat buka toko buku. Tapi sang sekretaris bilang kalo kantornya udah tutup dan pejabatnya mau pulang, terus nunggu 1 jam lagi buat dapet tanda tangan sama pejabat penggantinya. Kan katanya tutup jam 13.00 tapi kenyataannya masih 12.50 (yah emang kebiasaan yang sama untuk pulang duluan, disini juga). Guido pun maksa-maksa buat dapet tanda tangan segera soalnya kesel kalo nunggu penggantinya dateng jam 2 (sama juga disini!). Nah akhirnya muncul nih si PNS yang ngeselin bilang ga ada waktu lagi dan suruh nunggu. Kesel dong Guido. Nah dia nyender di jendela dan jatohin pot bunga dan kena deh ke kepalanya.

Um, gak mau spoiler semua alur tapi ada beberapa petunjuk yang bikin gue ngakak di bagian 1
  1. Telor burung unta kena kepala
  2. Guido dan Dora jatoh lagi terus diketawain bocah SD
  3. Guido dan teori ras
  4. Teka-teki Guido dan Dr. Lessing
  5. Guido merebut Dora
  6. Kencan Guido sama Dora
  7. Kuda Eliseo yang jadi korban vandalisme (ok, this is not the funny part)
Dan bagian 1 berakhir di Dora yang masuk ke ruang taman rumahnya Guido, lalu bagian 2 dimulai 5 tahun kemudian (tahun 1944) saat anak mereka, Giosue diteriakin emaknya suruh keluar taman. Dia lari keluar dengan bawa mainan tank yang dikasih tali. Guido sama Dora udah nikah ceritanya, dan tinggal di rumah Guido. Dora tetap jadi guru SD dan akhirnya Guido bisa buka toko buku sendiri.

Di bagian 2 ini dimulai konfliknya. Isu rasisme terhadap kaum Yahudi makin kencang karena jaman Perang Dunia II (kan PD II dari 1941 - 1945) Italia jadi sekutunya Jerman--dan juga Jepang. Keluarga Orefice pun salah satu yang kena imbasnya. Beberapa orang udah dikirim ke kamp konsentrasi--diantaranya di Auschwitz. Toko buku Orefice juga ikut jadi korban vandalisme.

Keluarga mereka yang tadinya bahagia pun jadi terbalik sejak mereka mau ngerayain ulang tahun ibunya Dora. Pas Dora lagi jemput ibunya, ternyata mereka bertiga--Guido, Eliseo dan Giosue--udah ga ada di rumah dengan keadaan perabotannya yang sengaja diacak-acak orang. Dora sendiri udah tau ternyata mereka bertiga mau dibawa ke kamp konsentrasi naik kereta. Dan yang bikin gue kagum si Dora pun ikutan juga naik kereta.

Disini pula "kebohongan" Guido mulai. Giosue terus nanya kenapa kita naik kereta. Sang ayah pun hanya menjawab, "Kita mau liburan. Noh kan kita naik kereta rame-rame." Dan kakek Eliseo cuma ngangguk dan tersenyum tipis.

Oke, gue gamau spoiler panjang. Karena terlalu indah film ini buat diceritain. Sebenernya plotnya sederhana banget kalo udah nonton semuanya, semua tentang Guido dan keluarganya. Yang bikin gue takjub disini yaitu bagaimana si Guido bikin Giosue gak mikir kalo mereka sebenernya dibawa sama Nazi ke Kamp Konsentrasi--bahkan sampai si Guido mati ditembak sama Nazi.

Gue nanya ke beberapa orang Italia via online chat dan mereka bilang kalo film ini emang film yang gak ada bosennya mereka tonton dari kecil dan sukses bikin mereka mewek, bahkan yang cowok. Dan selama gue nonton film ini emang asli campur-aduk perasaan gue. Di bagian awal gue ketawa mulu karena Guido yang pedenya selangit tapi bikin ketawa bukannya irritated sama dia. Dan yang kedua campuran antara ketawa dan sedih. Yang paling bikin ketawa sih pas tentara Nazi jelasin pake Bahasa Jerman tapi dengan rasa pedenya si Guido ngajuin diri bisa Bahasa Jerman dan nerjemahin ke Bahasa Italia yang beda banget demi nyelametin anaknya biar gak ketakutan di kamp.

Yang paling bikin beautiful sih Guido sama Dora, yang kenyataannya si pemeran Guido (Roberto Benigni) dan Dora (Nicoletta Braschi) itu pasangan suami-istri. Tiap filmnya si Benigni ini yang selalu jadi couplenya emang si Braschi, kagak mau cewek lain selain istrinya. Duh, so sweet banget sih. Mungkin sekalian hemat biaya produksi juga kali ya biar kagak perlu bayar aktris lain dengan harga tinggi.

Pokoknya film ini salah satu film non-English yang rekomen banget buat kalian semua dan setelah selesai nonton ini pasti pengennya nonton lagi.

No comments:

Post a Comment