Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Tuesday, October 23, 2012

Tak Seindah yang Dibayangkan

Haah akhirnya yah saya kembali lagi dalam dunia per-blogan ha-ha-haa (lah tawa ndiri, gila woi!). Saya kembali sebagai 'maling', maksudnya bukan maling beneran apalagi maling hati orang (ini apalagi coba -_-). Maksud gua ya gw ngepost aja harus nyolong waktu tidur dan belajar. Kareana inilah mahasiswa.

Tak seindah yang dibayangkan... gw gak mau nulis puisi disini karena aku bukanlah pujangga yang pandai merangkai kata (walah, jadi lagunya Base Jam yang booming banget pas jaman gw kecil). Yap, yang gw omongin sekarang adalah mengenai status gw sekarang yang menjadi mahasiswa, mahasiswa baru, yang ternyata yah seperti kata judul:

"TAK SEINDAH YANG DIBAYANGKAN"

Bagaimana tidak coba? Ternyata benar, jangan percaya kalo belom ada buktinya. Jangan main berspekulasi kalo belom ada bukti nyata. Dan orang yang ngalamin itu lebih hebat daripada orang yang cuma mempelajari. Aduh kok gw banyakan berbasa-basi ya. Yah biasa lah biar postingan gua kesannya jadi panjang padahal isinya sampah semua hehehe.

Jadi yang mau gw omongin disini adalah...
MAHASISWA SEBENARNYA ITU GAK SEPERTI MAHASISWA YANG ADA DI FTV!

Dan ini beberapa 'mitos' yang gak taunya dalam kenyataannya itu gak bener. Let's check it out yo!

1. Kuliah itu bebas

In fact: BIG FALSE! Asal lo tau kuliah itu stress. Malah lebih bisa dibilang lebih stress dari SMA. Apalagi buat mahasiswa baru macam gw yang masih punya banyak acara menyangkut mahasiswa baru. Aduuh, itu sungguh terlalu. Yah sebenernya sih bisa dibilang waktu bebas lebih banyak soalnya pelajarannya udah menjurus gak kayak pas sekolah. Tapi ini dia, dimana ada waktu bebas, disitu ada kegiatan tiba-tiba yang sungguh tak terduga sehingga membuat Anda untuk merubah rencana Anda secara tiba-tiba, bahkan bisa jadi semakin berantakan. Dan buat yang baru ngalamin macam gw, jangan kaget. Karena ini kehidupan sebenarnya anak kuliah. Apalagi kalian harus jadi orang yang sibuk kalo jadi mahasiswa. Anak kuliah lebih banyak waktu seneng-seneng

2. Bebas bolos atau nggak

In fact: kalo sebenernya sih ini emang bener. Temen gw ada yang udah membolos kok. Tapi disini bolos bukannya sengaja ya. Ini karena kalo gak bangun kesiangan ya karena ada kegiatan lain yang gak bisa dihindari. Tapi gak enaknya selain ketinggalan mata kuliah dan absen yang berkurang, kita juga kehilangan cerita menarik selama kuliah. Karena bolos itu menurut gw cerita yang agak kurang menarik dan gw lebih suka cerita bersama teman-teman. Lebih seru!

3. Kuliah itu bisa punya banyak waktu buat seneng-seneng

In fact: Bwahahaha! Gua harus ketawa sama mitos yang kayak begini. Yang lo liat di FTV adalah para mahasiswa sesukanya sendiri pergi kemana-mana ke tempat yang mereka suka buat seneng-seneng. Lo mau tahu kenyataannya? Hampir semua itu SALAH! Buat kami yang kuliah di PTN, apalagi yang kuliahnya di jurusan yang menekankan IPA-nya, that's a big fault! Bahkan malam Minggu kami pun harus diembat karena harus memikirkan laporan praktikum yang menumpuk dan dikejar deadline. Oh ya belom lagi tugas-tugas yang diberikan dosen. Ngerjain tugas sendiri? Ungg, rada sanksi deh. Ternyata kuliah itu butuh yang namanya 'kerja sama', 'saling berbagi', 'saling tolong-menolong', apalah itu jenisnya. Karena sampai saat ini di  zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi, quote "Berbaik hatilah sebelum dibaiki" masih berlaku. Oh ya, apalagi kalo ngerjain laporan bareng temen-temen ya, ada aja ceritanya. Ada yang stress, ada yang marah sendiri, ada yang ngumpat sendiri, bahkan ada yang lempar barang sakin stressnya. Dan semua itu adalah ungkapan dari kata 'panik'. Tapi diantara mereka semua yang ekspresif ada juga yang tenang-tenang aja dengan menasehati orang yang panik "Woles woi woles" padahal dalam hati yang nasehatin itu juga gak kalah panik pada akhirnya. Terus juga ada juga segala ada yang nyanyi tapi cuma sepotong dan bikin orang kesel karena lagunya gak pernah full. Yah, nyanyinya jadi kayak iklan album komplikasi aja--eh, kompilasi maksud gw. Dan lebih parahnya lagi, di saat anak-anak sedang sibuk dengan tugasnya sampai semaput, ada yang saking semaputnya, hingga akhirnya dia pasrah dan menenangkan diri dengan cara... tidur (ups, ini kayak gw kenal nih, kayak tau nih siapa *prank). Lah ini kenapa gw jadi ngomongin aib temen-temen gw pas ngerjain laporan Biologi di Jepara ya? (cerita mendetail coming soon). Yah, jadi waktu seneng-seneng lo jadi minimal. Tongkrongan lo jadinya ada di tepat print dan fotokopian, perpustakaan, kosan temen, dan warteg.

Tapi di balik semua yang tidak bisa dibayangkan seperti tiga hal utama yang gw sebutin di atas (sebenernya sih masih banyak ya, tapi apa daya, gw kebingungan mau nulis apalagi, soalnya, walaupun tak ada laporan menghujam, uts datang siap menghantam para mahasiswa Undip dan kami bilang "Hei UTS, Tuhan Maha Besar!") gw bahagia menjadi mahasiswa. Banyak banget cerita baru walaupun kalo dihitung kita baru kuliah 2,5 bulan. Apalagi buat anak perantauan macam gw yang sampai sekarang belom pulang ke kampung halaman (kalo gua mah kota halaman, eh salah halaman rumah, lah gembel dong di halaman doang, masuk rumah juga dong *cot lo!) yang bener-bener nikmatin hidup sebagai mahasiswa perantauan walaupun selalu mengalami masalah sulit dimana kita tidak pernah bisa berkelit dari masalah itu, keuangan. Begitu mudahnya uang menguap, padahal orang tua susah banget buat dapetin tuh duit, sehingga harus memilih jalan ngutang atau minjem duit orang yang endingnya tentu saja dikembalikan. Tapi bahagianya, banyak kejadian tak terduga yang membuat kita tertawa sendiri dan pantas untuk diceritakan dengan orang lain, walaupun itu ceritanya sebenernya mallu-maluin banget.

Oh iya, bagi mahasiswa, BEGADANG ADALAH MAKANAN SEHARI-HARI. Begadang itu wajar buat kami para mahasiswa. Selain buat nonton bola atau sekedar insomnia, kita bahkan begadang ampe subuh karena ngerjain tugas yang menumpuk bagaikan gunung Bantar Gebang.

So, di balik kesusahan, sebenarnya ada pelajaran berharga yang membuat kita bahagia, lebih bahagia dari orang yang sedang berbahagia karena momen bahagia mereka. Dan:

"HIDUP ADALAH FILM TERBAIK."
(Aji Yoga R., 2012)

So what? Kalo mau tau kehidupan kita, gak perlu nonton film ampe nangis sesenggukan. Karena kita ini bagaikan film. Semua orang punya cerita yang berbeda.

No comments:

Post a Comment