Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Sunday, September 5, 2010

3 Idiots

Oke, film ini emang dibilang udah agak lama rilis di bioskopnya. Kalo gak salah sih rilisnya tahun ini tapi udah beberapa bulan yang lalu. Dan gw baru nonton film ini beberapa hari yang lalu. Ini juga bukan karena gw rental CD apalagi nonton di bioskop (expired kali filmnya). Tapi karena pelajaran TIK! Lho, kok gitu?


Yah, simple aja. Hari Rabu kemaren, abis pelajaran Biologi yaitu pelajaran TIK. Tadinya kita gak belajar di lab. Tapi akhrinya kita disuruh sama Pak Meto ke lab sambil bawa alat tulis dan LKS. Pas di lab, taunya kita disetelin film. Judulnya "3 Idiots". Pas denegr kata itu ada yang bilang kalo dia udah nonton, salah satunya Elfira. Gw sih pernah liat trailernya doang. Pikiran gw adalah, i think film itu adalah film yang hanya mementingkan kelucuan tanpa berpikir apa amanatnya dan banyak adegan tidak senonohnya. Itu baru pikiran awal.


Eh, disetel deh filmnya sama Pak Meto pake laptopnya Elfira. Ternyata dari awal aja udah bikin orang ngakak. Sayang, beberapa adegan harus di-skip karena waktu yang sangat singkat untuk pelajaran TIK. Kita akhirnya gak sampe selesai deh nontonnya, hampir ada setengah film. Yah, gak asik nih!


Pas itu, ternyata IPA 2 juga nonton film yang sama di pelajaran yang sama. Dan bagusnya, yang bawa laptop juga di IPA 2 buat disetel filmnya, diketahui bernama Hadid (temen sekelas Agung, Dwi, Gita, dan Dilla, serta satu SMP juga sama Agung) punya filmnya karena dia 'membajak' dari flash disk Pak Meto. Atas rekomendasi Wawan, mintalah gw ke sana. Untung bawa flash disk. Nitip deh saya ke Agung, walaupun nantinya dia bawa pulang dulu flash disk gw dan dibalikin pas buka bersama nanti.


Dan akhirnya flash disk kembali ke tangan gw saat buka bersama sorenya. Dan sepulang buka bersama, i watch it with my sister.


Ternyata pas liat filmnya secara full, wow, this flim is so great! This is the story...


3 Idiots, film India yang mengisahkan tentang 3 mahasiswa teknik di sebuah institut teknik terbaik disana. Mereka adalah Farhan Qureisy, Raju Rastogi, dan Ranchordas Chanchad. Mereka bersahabat dan tinggal satu kamar disana. Filmnya ini pake alur maju-mundur alias campuran. Jadi, kita ke masa yang sebenarnya dulu di film ini.

Di awal film, Farhan harus membatalkan penerbangannya sementara Raju tidak memakai celana saat pergi. Hal ini disebabkan karena mereka ditelepon oleh teman satu institut mereka (bisa dibilang musuh) Chatur Ramalinggam bahwa Rancho akan datang. Hari itu tanggal 5 September. Di tanggal yang sama pada 10 tahun yang lalu, Chatur berjanji kepada Rancho 10 tahun selanjutnya di tanggal yang sama mereka akan kemari dan membuktikan siapa yang lebih sukses. Ternyata saat merreka datang, Rancho tidak datang dan Chatur memberitahu mereka kemana Rancho. Akhirnya mereka bertika melakukan perjalanan panjang untuk mencari Rancho. Pas disini nih si Farhan kembali ke masa lalunya, masa saat dia bersama Rancho.

Farhan, adalah anak yang terpaksa mengikuti kemauan ayahnya untuk menjadi insinyur. Padahal dia lebih tertarik pada dunia fotografi. Sementara Raju adalah anak yang berasal dari keluarga kurang mampu yang sangat taat kepada agamanya dan takut akan masa depan. Sementara Rancho, dia berasal dari keluarga sangat kaya dengan otak yang jenius dan sikapnya yang santai dalam mengahadapi segala hal. Mereka bertiga beersahabat baik, dia juga sangat tertarik dengan dunia teknik.

Rektor institut mereka, Viru Sahastrabuddhe a.k.a. Virus, adalah orang yang sangat menghargai waktu dan tidak ingin menyia-nyiakan waktunya. Dia juga orang yang kompetitif. Tidak boleh ada orang lain yangmengalahkannya. Semua tunduk padanya kecuali Rancho, yang selalu memberontak atas sistem yang dia terapkan di institutnya. Walaupun dia memberontak, dia adalah mahasiswa yang sangat cerdas. Dia menempati peringkat 1 dalam tiap ujian.

Pokoknya setiap ada Rancho, masalah jadi beres deh. Dengan kata ajaibnya, "Aal Iz Well!" plesetan dari 'all is well' alias semuanya bakal beres. Dia udah ngebantu Farhan dan Raju hingga mereka menjadi orang yang sukses. Dan yang paling keren kata gw pas mereka bertiga ngebantu proses kelahiran kakaknya Pia, anaknya si Virus. Gokil! Itu keren banget scenenya!

Dan kembali dari masa lalu, Farhan, Raju, Chatur, serta Pia mencari Rancho yang ternyata nama aslinya bukan Rancho. Setelah ditemukan, ternyata Rancho adalah ilmuwan yang terkenal juga guru bagi anak-anak. Farhan menjadi fotografer alam liar profesional, Raju menjadi peneliti, dan Chatur menjadi pengusaha sukses.


Ceritanya sih keren banget! Walaupun kita dibuat bolak-balik dengan alur campuran, tetep aja bisa nangkep ceritanya. Hampir seluruh isi ceritanya juga lucu banget. Jadi gak kerasa kaku atau bosen. Tapi di balik kelucuan dan kekonyolan film ini, tanpa disadari kita dapet banyak amanat dari tiap scenennya. Beberapa scene mungkin bikin orang sedih juga, karena bener-bener dramatis ddan realistis. Khas film Bollywood, pasti ada lagu dan nari. Tapi gw bilang lagunya tuh ngena maksudnya, karena gak terlalu cinta-cintaan, dan tariannya juga konyol banget! Jadi ngakak deh liatnya.


Pokoknya, bintang 5 deh buat nih film!

No comments:

Post a Comment