Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Saturday, September 18, 2010

Le Grande Voyage (Leaving Jakarta)

Wetset, ini bukanlah film Prancis yang mengisahkan tentang ayah dan anak yang pergi ke Mekkah buat naik haji. Tapi ini tentang gw. Yah, liburan.

Memang sudah menjadi tradisi orang Indonesia kalo menjelang hari raya Idul Fitri, mudik. Ada juga sih yang nggak mudik, banyak juga. Tapi rata-rata pada mudik semua.

Termasuk gw. Gw dan keluarga tahun ini melakukan mudik. Dan waktu pergi mudik juga seperti biasa, H +1 alias lebaran hari ke-2. Oke, I will tell you about my unimportant holiday.


11 September 2010

Hari Sabtu. Packing beres. Cuma bawa 1 koper SD yang kecil (itu yang mobil) sama 1 backpack yang suka dipake buat sekolah. Ngapain bawa banyak-banyak, baju juga nyuci disana. Jam 3 gw bangun. Ya ampun! Ternyata laptop gw masih nyala. Untung koneksi internet putus sendiri. Dan ternyata ada chat dari si Faris nanya hari Jum'at ada pertandigan bola apa nggak. Langsung deh gw ol bentar terus matiin laptop. Dan bangun! Langsung mandi. Terus masukin barang sisa ke tas. Makan. Dan masukin tas ke dalam mobil. Dan pas abis adzan Subuh kita berangkat meninggalkan Jakarta menuju Solo.

Yah, bokap gw emang crazy driver, apalagi kalo mudik. Gw nanya si Hanni via Twitter yang juga lagi mudik udah nyampe mana. Dia jawab kalo dia nyampe di Pejagan. Gw bilang kalo gw dah nyampe di Indramayu. Kita k bisa nyampe di Indramayu sekitar jam setengah 8an. Eh, si Hanni taunya berangkat dari jam setengah 2 pagi. Gubrak! Pas gw bilang ke bi\okap gw dia ngakak dan bilang lama banget. Huh! Iyalah bokap gw! Di daerah Jawa Barat aja secara keseluruhan, rata-rata kecepatannya 90 km/h dengan kecepatan minimum 60 km/h dan maksimum 120 km/h.

Dan kami tiba di daerah Jawa Tengah jam 9 setelah keluar dari tol baru buatn Bakrie yang tarif tolnya ajegile mantep abis tapi dengan layanan yang memuaskan (Rp 21.500,- dari Cirebon langsung ke Brebes). Gw dan bokap gw selama perjalanan asyik debat geografi kalo nyokap lagi tidur. Di Jawa Tengah ini kecepatan mobil mulai berkurang karena keadaan yang mulai banyak mobil dan kendaraan lain. Jam 11 kita istirahat di daerah Batang sambil nunggu waktu Zuhur.

Jam 12 lewat kita meneruskan perjalanan. Perjalanan ekstrim di daerah semi-pegunungan. Berlikiu-liku dan naik turun. Kadang-kadang bikin perut gw jungkir-balik. Tapi gapapa lah tetep aja keren.

Dan ini dia puncak ngeselin dari perjalanan kali ini. Setelah keluar dari tol daerah Semarang, langsung macet total padat merayap hampir gak bisa jalan. Itu pas jam 1 siang. Bener-bener menyiksa! Daripada bosen nungguin kapan jalan, lebih baik tidur!

Pas bangun, udah jam 3. Dan baru keluar dari tol yang menyiksa. Radiator mobil abis, minggir ke pom bensin sekalian ngisi bensin. Dan gw nyalain laptop, nyoba ngoneksi internet. Eh, bisa! Yasudah ol deh gw. Eh pas liat di luar ada mobil sedan radiatornya udah bener-bener soak. Makanya pas dibuka kap mobilnya, udah nguap bunyi lagi udah kayak bom! Bikin sekitarnya heboh. Keadaan jalan masih macet kayak paan tau. Dan koneksi internet bagus. Eh, pas lagi ngechat, malah mendadak mati, and the signal was off! Ngumpat gw dalam hati! Seterusnya gak dapet sinyal. Elah! Mana batere hp abis lagi! Hp bokap gw juga abis! Great! Udah lah sisanya nyetel lagu via laptop aja. Eh taunya laptopnya juga hampir kritis. Udahlah buat hemat dimatiin aja. Dan sisanya cuma bercanda satu mobil sambil sabar menghadapi macet yang luar biasa bikin kesel kayak paan tau yang jarang banget gerak.

Dan tanpa disadari udah Maghrib. Wat!? Biasanya kita udah nyampe Maghrib. Tapi sekarang? Gila! Pas Maghrib aja kita baru nyampe di Salatiga. Pada istirahat deh di masjid buat shalat Maghrib (setelah susahnya nyari masjid di Salatiga). Gw sendiri di dalem mobil (karena gw gak sholat). Dan oh tidak! Udah jam 6! Setengah jam lagi ada pertandingan Premier League: Manchester United vs Everton. Duh, mana masih jauh lagi! Nge-tweet deh pake hp adek gw (dengan bujukan bakal gw ganti pulsanya). Dan mobil memiliki masalah baru, salah satu dari keempat baut patah! Ya ampun! Mana udah malem lagi.

Selesai pada sholat Maghrib, kembali melanjutkan perjalanan. Dan macet lagi! Udah macet, hujan lagi! Hadeh! Udah gitu pertandingannya udah mulai lagi! Jadi deh gw gak bisa nonton, cuma pasrah liat twitter sama live score di hp. Dan MU udah kebobolan 1 gol. Duh, makin gak tenang aja gw. Untung pertandingannya baru berjalan setengah jam.

Macet pun tak kunjung reda. Kiri-kanan gelap semua. Kalo gak hutan ya rumah orang-orang. Itu juga ada yang dimatiin total lampunya. Dan gw makin panik sama hasil MU-Everton.

Dan akhrnya keluar dari macet. Tapi justru hilangnya macet itu yang bikin kita bingung. Kenapa? Karena pas udah gak macet lagi, keadaan bener-bener sepi banget. Walaupun agak sepi, tapi tetep aja mobil gak bisa ngebut gara-gara baut patah tadi. Yah, gw cuma bisa berdoa sambil bilang "Aal Izz Well" dalam hati. Dan lingkungn sekitar pun menjadi makin gelap.

Dan udah setengah 9. The game is over! Manchester United-Everton 3-3. Stupid! Harusnya bisa mimpin 3-1 tapi pas injury time malah kebalap 2 gol. Sialan! Udah gitu gw gak nonton lagi!

Senyum pun berubah menjadi datar. Hasil seri, 3-3, gw gak nonton, dan jalanan semakin gelap! Tambah deh setelah laptop lobet, batere hp abis, dan tidak ada sinyal untuk koneksi internet.

Dan bokap gw semakin lelah untuk menyetir. Sampai-sampai kita nyasar gara-gara gelapnya jalan.

Dan pukul setengah 10, akhirnya kita sampai ke tempat tujuan. Welcome Solo! Dan sampai di rumah pakde dengan selamat dan cuaca hujan. Langsung pas nyampe kita istirahat. Gak pake mandi! Tepar deh.


(to be continued...)

No comments:

Post a Comment