Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Thursday, August 9, 2012

What is Love...?

Sebenernya di postingan ini gw pengen ngelanjutin tentang korupsi menurut presepsi gw. Tapi karena ada sesuatu yang mengganjal sampai saat ini, oh nggak sih, sebenarnya sesuatu ini baru aja kemarin yang bikin gw berpikir sampai detik ini, sampai gw lagi ngetik ini pun gw masih aja mikirin soal ini. Agak aneh sih bagi gw kalo mikirin beginian, but I think it better if I share it than just save it in my mind.

Ini semua karena fanfiction yang dibikin salah satu teman gw. Ya, pelakunya fanfic itu serta pikiran si penulis itu (haha, peace lah). Ada salah satu kalimat yang bikin gw sampe mikir, apa itu benar?

What is it? Yeah, di fanfic itu terdapat kutipan “cinta itu sederhana” dan yang ngucapin kalimat itu ada sebuah nama samaran dari penulis blog ini, dalam kata lain, itu saya dalam dunia khayalan.

Cinta itu sederhana? Love is simple? Lalu saya tertawa dengan kutipan ini seperti orang gila. Gimana gak gila coba, sampe sekarang aja ini yang jadi pikiran gw. Apa itu masih dibilang normal? Buat kebanyakan orang, mungkin itu wajar. Tapi buat gw, ini sebuah fenomena.

Cinta, semua orang pasti ngerasain beginian. Sebenernya gw juga gitu mungkin. Tapi entah kenapa sejak kutipan ini muncul, gw seperti orang yang sedang mencari apa arti dari kata yang diucapkan setiap orang di seluruh dunia ini baik dalam situasi menyenangkan atau sebaliknya. Sebenernya cinta itu apasih? Kenapa sekarang gw kayak orang gila mikir beginian. Seakan gw kali ini adalah Baekhyun yang bilang, “Marhaejwo nege what is love” atau Chen yang bilang, “Gao su wo dao di what is love.” Oke, “My babe, baby, baby, baby, tell me, so, what is love?” (yang ini campuran Baekhyun + Chen = gw yang nyanyi. Sip *ignore).

Karena gw lagi penasaran-penasarannya, oke, here’s some statements about love from many people. Disini gw gak ngasih quote apa itu cinta dari para pujangga, sastrawan, ilmuwan, filsuf, atau apalah itu karena gw males nyarinya dan gw bukan mau bikin skripsi, haha XD.

Jadi, ini arti cinta menurut orang-orang.

Ada yang bilang kalo cinta itu indah. Hmm, kata orang-orang sih rasanya cinta tuh kayak gitu. Pokoknya rasanya kayak di surga lah, juga semanis sugar. Beberapa lagu juga bilang begitu. Oke, bisa dimisalkan kalo kejadian ini tuh kayak... umm... oke, kalo kita sedang bersama orang yang spesial (bukan ‘the special one’, itu Jose Mourinho. *emangmasih *bodo *ignore) rasanya, wohoo, indah sekali lah. Walaupun seburuk apapun situasinya kalo disampingnya ada dia semua jadi indah haha *troll (itu sih gombalan yang gw tonton di TV). Tapi, mikir deh. Kalo, misalnya, cinta itu jelek? Ada kan yang bilang ‘cinta itu gak ada indahnya’. Yah, kalo gw dapet dari buku sih mungkin contoh kejadiannya cinta dalam situasi yang nggak banget itu, hmm, kalo cinta itu ternyata hanyalah sebuah kamuflase atau kedok yang aslinya cinta itu adalah sebuah kebusukan semata, kayak cinta itu muncul dari sesuatu yang gak wajar gitu mungkin. Molla, that’s just my statement.

Then, ada yang bilang lagi kalo cinta itu menyenangkan. Haha, gimana sih rasanya mencintai dan dicintai itu, pasti rasanya nyenengin lah. Ngertiin satu sama lain. Oke, itu yang yang kedua pihak sama-sama cinta. Coba lo tanya sama yang ngalamin cinta sepihak (jiah bahasa gua, maklum baru dapet kalimat ini dari novel sama fanfic), lo tanya sama orang yang ngalamin yang namanya patah hati (untung bukan patah tulang), tanya sama orang yang lagi putus cinta, atau lo tanya sama orang yang ngalamin galau stadium 4 (untung bukan galau stadium Wembley, kegedean), mungkin jawaban dari mereka adalah, “cinta itu gak nyenengin, cinta itu menyedihkan, bahkan cinta itu omong kosong” atas apa yang mereka alami saat ini. Haha, kebalik lagi kan?

Lalu muncul lagi statement yang bilang cinta itu suci, cinta itu putih, ataupun cinta itu bening (sama lah itu masih satu jenis, satu spesies, satu ordo, satu filum, satu marga, satu kingdom). Pernyataan itu muncul karena menurut mereka cinta itu murni dari diri sendiri, tanpa paksaan, tanpa muncul dari sesuatu yang tidak menyenangkan. Tapi, coba sekarang semua definisi itu gw balik. Pasti kan ucapan mereka langsung menjadi, “cinta itu busuk, hitam, atau keruh.” Hadeeh, salah lagi dah.

Cinta itu gak memandang apapun. Oke waktu gw denger kalimat ini gw gak ada respon sama sekali karena gw bukan orang jenis begitu. Tapi karena umur gw yang bertambah tua ini otomatis dengan terpaksa gw memikirkan statement ini. Gak memandang apapun? Haha, seketika gw ketawa dalam hati. Gak memandang apapun, lo yakin? Oke, mungkin kalo gak mandang fisik atau dari segi materi itu bisa diterima. Malah bagusnya gak mandang dari sisi itu kan. Lalu ada orang yang bilang, “Gw gak mandang apapun dari lo, gw cinta ama lo apa adanya.” Hello, apa adanya? Berarti masih mencakup kata mandang kan? Buktinya tuh orang tau kalo orang yang dia cintai itu apa adanya. Mandang juga kan? Bahkan orang yang gak bisa ngeliat (gw pake yang alus aja ya, daripada pake satu kata) aja juga mandang kok, tapi pake hati, pake pikiran, not their eyes. Jadi, apa dong kalo lo gak mandang? Kalo gak mandang berarti cinta sama sesuatu yang gak ada dong.

Geurom, cinta itu buta. Katanya kalo lo udah cinta, lo kayak orang yang gak tau arah deh. Sebentar, gw malah ngakak lagi ini. Oke, ini emang sebuah kiasan. Tapi kalo mikirnya secara realistis, masa sih lo gak bisa ngeliat cinta walaupun itu secara abstrak atau secara gak langsung. Bahkan orang yang buta aja (yaah bodo deh terlanjur) walaupun gak bisa ngeliat mereka juga ngeliat pake hati dan pikiran kan. Jadi, cinta itu buta, sama aja gak ngerasain cinta dong kalo menurut gw.

Lalu ada yang bilang kalo cinta itu dari mata turun ke hati. Nah, kembali gw bawa-bawa orang yang gak bisa ngeliat. Asalnya dari mana dong? Orang organ penglihatan mereka aja gak berfungsi kok. Terus bagaimana nasib si Cinta. Darimana asalnya Cinta? Dari lantai empat turun ke lantai satu. Aduuuhh.  Jadi gw masih bingung sama yang ini.

Lalu muncul lagi kalau cinta itu jujur, tapi ada yang bilang kalo cinta itu bohong. Cinta itu asli, tapi ternyata cinta itu palsu. Cinta itu sungguh-sungguh, tapi ada yang bilang cinta itu candaan, lelucon, dagelan. Cinta itu baik, tapi beberapa bilang cinta itu jahat. Ada yang bilang cinta itu sederhana, tapi gak dikit yang bilang kalo cinta itu rumit. Dan masih banyak statement menjijikan tentang cinta yang gw temuin dari buku, internet, atau nguping dari omongan orang. JADI SEBENARNYA CINTA ITU APA!? Kenapa gw mikir sampe segini!? Kenapa sekarang gw kayak bocah yang teriak-teriak “KAMU SIAPA?!”

Lalu lagu. Yap, lagu. Banyak lirik lagu yang bunyinya "cinta tak harus memiliki". Terus, kalo gak harus punya, jadi punya siapa dong?

Bahkan ada juga perbedaan antara cinta, sayang, dan suka. Sekarang apa bedanya!? APA!? Orang tua gw aja gak pernah kasih tau apa arti semua ini, itu karena juga gw gak mau tahu beginian. Sekarang giliran gw coba mau tahu malah jadi awkward gini. Padahal usia gw udah 18 tahun, gw udah punya KTP, gw udah punya hak pilih dalam Pemilu, gw udah boleh punya SIM, gw udah ngalamin menstruasi, suara gw udah berat. Dan pas denger ini gw seperti orang yang pake headphone denger lagu ampe volumenya full, budek, gak denger lingkungan sekitar. Gw malah dianggep anak kecil, bahkan ama anak batita aja kalah. Oke, I’m the ‘cold-hearted woman’, yeoja yang gak tau bagaimana mau nanggepin sesuatu, gak punya iritabilita keculai pada indra peraba. Bahkan stone-hearted woman, ha-ha-ha.

So, love is...


"ABSTRAK!!!"

Mungkin aja gw bakal ngenalin artinya, mungkin pikiran gw jadi berubah tentang hal ini, seiring berjalannya waktu... seperti kata temen gw.

"MARHAEJWO NEGE WHAT IS LOVE!!!!!" 

No comments:

Post a Comment