Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Thursday, February 2, 2012

Just The Way You Are

Hmm, dari judulnya udah kayak lagunya Bruno Mars ya (bukan Bruno nama anjing tetangga gw lo, jangan ketuker :p). As usual, di blog gw keseringan judul melenceng dari isinya. Dan tentu saja gw nggak bahas tentang lagunya Bruno Mars ini, soalnya nih lagu udah lumayan lama (baru setahun yang lalu sih). Ah mending baca aja deh. Kalo nggak, #abaikan saja post ini. Bwahahahaha *ketawaevilKyuhyun *digeplakKyuhyun

“Just the way you are...”

Ini potongan lirik lagunya Bruno Mars kan? Pasti gak asing lagi di telinga lo pada, kecuali kalo lo tinggalnya di pedalaman suku Anak Dalam atau jauh di Pedalaman Papua atau di pulau penuh manusia kanibal. Just the way you are, artinya ‘apa adanya’. Kalo panjangnya, apapun itu yang ada di dalam diri kita, bener-bener diri kita, gak kurang dan gak lebih.

Dari sini gw mau ngepost tentang orplas a.k.a. operasi plastik. Bukan plastik kresek yang dioperasi atau dimodif sekeren mungkin. Tapi bagian tubuh orang yang dimodif. Gw bahas kayak gini soalnya gw lagi kebawa Hallyu Wave nih. Nah kalo lo pada suka Korea-Korea gitu pasti gak asing banget kan kalo lo pada denger kata operasi plastik? Kalo belom denger berarti lo masih sedikit sukanya, hahaha (gw juga baru dikit sih *digeplakSiwon)

Pasti udah pada tau kan kalo banyak banget—palagi artisnya—yang mukanya pada orplasan. Bahkan menurut riset hampir 99% artis Korea itu orplas! (duh, Yeppa ama Wonppa gw kan nggak T.T). Emang sih gak semua yang orplas, tapi kebanyakan, walaupun itu hanya bagian yang sangat kecil sekalipun. Dan kebanyakan yang ngelakuin itu cewek (karena cewe lebih banyak tentunya—alasan ngasal nan klasik). Dan waktu gw tau hal itu, gw bertanya-tanya, why they must do that?

Di Korea sana, mungkin udah takdirnya kali ya. Oke, ini emang gak semuanya ya. Tapi gw pernah baca di sebuah blog kalo orang-orang Korea itu paling gak hoki kalo masalah wajahnya—palagi cewe. Disana, cewe-cewenya bentuk wajahnya pada persegi (kayak Spongebob, tapi ya gak kotak juga, rada mirip), terus rahang mereka kayak cowo, mata sipit, dan tulang pipi yang tinggi. Itu rata-rata katanya (aku kan belum pernah ke Korea). Nah karena negara sana lagi maju-majunya nih otomatis jadi rada-rada kebarat-baratan. Maksud gw, termasuk penampilan mereka juga. Dan finally mereka ngambil keputusan terekstrim bagi kita. Yang menurut gw dan beberapa orang kebanyakan, menantang takdir. Operasi plastik.

Menurut mereka orang Korea, buat cewe ya. Mereka itu cantik kalo penampilan mereka kayak Barbie. Yah pasti lu semua tau Barbie kan. Mpok Nori aja menurut gw kayaknya tau kok. Muka kecil, mata besar, bibir merah, hidung mancung kayak Cleopatra, dahi lebar, dan tulang pipi tinggi kayak model-model catwalk gitu, juga badan ramping, paha kecil, proporsional deh. Hah menurut gw itu Barbie hanyalah boneka plastik yang suka dijual-jual di toko. Cantik? Nggak menurut gw! Malah aneh.

Nah cewe Korea nih obesesi banget sama Barbie. Dan jeleknya mereka gak pede sama penampilan mereka yang asli, yang natural, apa adanya, just the way you are. Jadi mereka mengeluarkan uangnya buat permak wajah. Rata-rata sih mereka operasi lipatan mata (yah, rata-rata suku Mongoloid kan ga ada lipatan matanya. Kalo ada juga keliatan dikit). Nah dan kerennya hasilnya sih emang gak jelek kok, soalnya cuma modal pisau operasi doang, gak pake obat-obatan apalah itu. Dan tiap harinya disana klinik bedah kulit (atau sejenisnya) selalu ada pasiennya, apalagi alasannya kalo bukan buat orplas (mungkin juga nganterin bekal makanan buat suaminya yang kebetulan dokter disana #abaikan *dipelukYesung). As you know, operasi plastik bukanlah hal yang tabu bagi orang-orang Korea sana, malah udah biasa banget. Malahan ya, buat anak-anak sekolahan sana, mereka lebih milih hadiah kelulusan operasi plastik daripada hadiah lain (jadi dapet duit gamau!? Buat gw aja deh duitnya #abaikan *dipelototinesung :p). Menurut kita (gw juga) cukup aneh. Dan mereka operasi rata-rata yah lipatan mata itu, terus ada yang jidatnya dilebarin lah (jah, kalo jidat lebar disini mah malah disamain ama lohan yak), nostril hidungnya dimancungin (ehm! *sayadansuleberdehem *hidungpeseknih), rahang dikecilin, dagu dilancipin (jadi bentuk V gitu deh), dan mungkin ada lagi tapi gw gak tau apa. Dan masa recoverynya juga bisa dibilang gak terlalu lama lah, paling lama juga gak nyampe sebulan (apa lebih ya?).

Dan setelah gw baca-baca ternyata gak cuma orang Korea doang yang ngelakuin orplas. Di negara lain juga, bahkan di Indonesia juga, tapi yang paling blak-blakan yah disitu. Terus juga Thailand tuh, klinik orplas malah kayak warung pinggir jalan, dan kata temen gw disana ada ‘paket couple’, itu buat para pasangan yang mau orplas biar muka mereka mirip (percaya sama kata orang “kalo jodoh itu biasanya mukanya mirip”, tapi ini versi maksa dan ekstrim abis. “Oppa, apa kita berdua mirip?” Yesung jawab, “Aku lebih tampan darimu.” Oke #abaikan). Terus juga beberapa artis India yang orplas (gw gak tau siapa, tapi yang gw tau tuh orang-orang India manis-manis (gula kale!). Dan kalo orang-orang bule yang gw tau ya operasinya pada operasi payudara (ini pake kata yang halus loh) biar gede dan kenceng (gyahaha, yadong started *digamparYesung #tinggalkan). Yah gatau deh gw kalo lebih lanjutnya.

Gw hanya bisa menggeleng-gelengkan kepala akan hal ini. Wae? Harusnya mereka bersyukur sama yang dikasih Tuhan buat kita, termasuk penampilan fisik. Karena Tuhan menciptakan makhluknya sebaik-baik bentuk. So, apa yang dikasih Tuhan itu yang paling baik buat kita. Semuanya pasti ada hikmahnya kan? Dan kalo orplas nanti kalo punya keturunan juga fisiknya pasti mirip fisik kita dulu at the end hal itu cuma buat kehidupan dunia semata, bukan setelahnya. So, buat kita yang belum ‘terjerumus’ jangan sampe deh. Percaya ama diri kita sendiri aja. Cakep bukan dari luar men! Tapi yang paling penting dari dalam, hati kita (bukan yang lain lho ya Xp). Dan sejelek apapun kita, kita pasti punya kelebihan. Kenapa gak lo latih aja kelebihan lo itu, atau lo ikut kegiatan yang guna, itu baru cakep.

Walaupun begitu, tetep aja gw suka Kpop. Terima ajalah, toh itu hak mereka kan. Dan mereka jual talent, bukan sekedar jual tampang. Dan gw suka mereka karena attitude mereka sopan dan profesional banget. Jadi gw tetep suka sama mereka. Dan mungkin juga mereka bukan orplas, tapi pengaruh make up, baju, lightning, atau kamera. Positive thinking aja, mungkin juga karena itu kan?

Just the way you are, cause this is the best. Annyeong!

No comments:

Post a Comment