Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Friday, April 19, 2013

Ujian Nasional 2013

Selamat pagi yang bikin mata bengkak dunia. Lagi dan lagi, kembali lagi dengan saya si penulis blog yang sekarang ini masih ada di antara 2 dunia, antara nyata dan imajiner.

Kali ini gw harus ngomongin sama acara tahunan para pelajar tingkat akhir setiap jenjang yang pada tahun ini dilakukan pada Senin (15/4), yah tepatnya 4 hari yang lalu mulainya buat jenjang yang tingkat atas. You know that? Yep, that's right, National Examination a.k.a. Ujian Nasional buat yang tingkat SMA. Sesuatu yang bikin galau, stress, pusing, dan juga bikin keluar duit makin banyak pelajar tingkat akhir SD, SMP, maupun SMA. Sesuatu yang gw bingung, entah kenapa, harus belajar selama 6 tahun buat SD, 3 tahun buat SMP, dan 3 tahun buat SMA, tapi ending lo ditentukan hanya dalam waktu 4 hari.

Oke, pas tahun lalu sebenernya gw udah ngebahas tentang UN, tapi ada yang beda. Kalo tahun lalu gw sebagai pelajar yang ikut dalam ajang UN--yang untungnya untuk terakhir kali dalam hidup gw. Kalo sekarang gw hanyalah menjadi seorang mahasiswea iseng yang sok banget kepoin UN tahun ini, yah kepoin UN junior haha XP

Gw sebenernya sih punya beberapa alasan (tapi gak banyak) kenapa harus ngebahas tentang UN lagi. There's the reasons:

  1. Karena adek gw masih SMA. Haha, yang ini apabanget dah alesan gw. Apalagi adek gw yang padahal masih kelas X, masih 2 tahun lagi lah buat UN SMA. Tapi, sebagai seorang kakak yang baik (huaekcuih) gw juga harus memperhatikan keadaan UN dari awal sebagai bahan diskusi (lebih tepatnya obrolan gak penting).
  2. Beberapa hal baru di UN tahun ini yang beda sama UN tahun sebelumnya alias UN jaman gw.
  3. Fenomenanya. Haha, selalu deh, ada aja fenomena selama UN. Tapi buat tahun ini adalah 'mother of phenomenon' nya buat UN nih. Entah gw mau sedih apa mau gimana. Miris deh.
Oke buat yang pertama, gw mau kasitau apa yang beda dari UN sekarang daripada UN yang tahun lalu.
  1. Jumlah paket UN yang ada 20. Haha, kalo yang tahun lalu paket itu cuma ada 5, sekarang ada 20 mameeennn!!! Kesimpulannya dalam satu ruangan itu soalnya beda semua. Yah mungkin tujuannya pemerintah itu baik, untuk mengurangi frekuensi anak-anak yang mencontek. Bahkan harapan mereka itu biar ga ada yang nyontek dan ga ada yang beli-beli kunci jawaban lagi karena paketnya banyak dan harganya pasti makin mahal (mungkin ada yang netapin harga diskon kali ya). Gw gatau soalnya itu beda semua atau cuma diacak-acak. Tapi kalaupun diacak-acak pasti sang pembuat soal itu pake pelajaran peluang yang susahnya naujubilah.
  2. UN sekarang dijadiin standar buat masuk universitas. Gw pun baru tahu juga sih kalo yang ini, tapi kalo ini cuma beberapa persen aja.
  3. Adanya barcode pada soal UN. Yah, dengan adanya barcode, sama kayak barang-barang di supermarket, semua informasi, bahkan mungkin informasi yang paling rahasia cuma yang scan barcodenya aja yang tahu. Yah mungkin kalo kita scan barcode naskah soal UNnya ada kunci jawabannya kali.
Yah mungkin  ini aja yang baru dari UN. Karena kalo soal yang lain, yah kurang lebih sama ama yang tahun lalu.

Now, buat fenomenanya nih. Oke, Ujian Nasional selalu menjadi fenomena. Entah emang mau cari senssasi atau apalah.

Buat fenomena atau sensasinya. Yah banyak ya, rata-rata sih emang udah dari dulu. Biasanya itu kalo mau UN sekolah-sekolah tuh ngadain muhasabah ataupun doa bersama. Oke, sebenernya menurut gw bagus kok mereka ngadai gitu. Tapi kenapa pas UN doang? Kenapa mereka bener-bener mau tobat itu pas mau UN aja!? Bahkan yang bikin gw ngakak itu ada berita para siswa itu jampi-jampi (yah gw bilangnya gitu deh) pensil 2B yang bakal mereka pake buat UN. Hahanjir, entah mau jadi apa dunia ini. Dan mirisnya mereka seagama loh sama gw, lebih tepatnya satu keyakinan loh sama gw. Astagfirullahaladziiiim... kenapa mereka harus melakukan hal yang bener-bener menyimpang cuma gara-gara UN!? Bahkan mungkin gw rasa ada juga yang pake pergi ke dukun segala biar UNnya lancar atau minta kunci jawaban UNnya ke dukun, LOL!!!

Lalu ada lagi yang lain. Yang beda dari yang lain. Dan gw pun berpikir kalo sebaiknya UN gak ada aja sekalian kalo kasusnya udah begini. Ini dia:
  • Adanya keterlambatan distribusi soal di 11 provinsi (Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Barat, Sorontalo, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat) sehingga pas sehari mau UN, mendadak diberitain kalo 11 provinsi tersebut harus ditunda pelaksanaan UN SMA nya jadi tanggal 18, 19, dan 22 April.
  • Adanya kekeliruan pembagian soal di SMA 17 Surabaya 83 bundel. Bahasa Indonesia ketuker ama Bahasa Inggris.
  • Tidak adanya naskah soal kelompok IPS di lima SMA di Pemantang Siantar, Sumut dan 42 SMA di Simalungun.
  • Soal ama LJK yang keliru.
  • Tanggal UN yang gak pasti di daerah kecil. Jadinya para guru yang di daerah itu harus bolak-balik ke kota buat ngambil soal.
  • Data pengawas independen yang berantakan di daerah kecil.
  • Biaya logistik untuk pengawas di lapangan membengkak
  • Pencetakan soal UN yang telat dari deadline. Kalo gak salah denger sih gara-gara naskah soalnya juga yang telat dibawa ke percetakan.
Dan lo tahu kan hasil dari fenomena-fenomena di atas? UN SMA tahun ini pun menjadi UN ter-amburadul penyelenggaraannya. Bayangin aja penyelenggaraannya tuh berantakan berasa gak niat. Kalo soal ini gw kasian banget sama pusatnya, alias Kemdiknas. Gw pengen nangis kalo bayangin muka Mendiknasnya, yang  kemungkinan besar pusing banget mikirin UN yang jadinya malah begini. Bakal diomelin apa ya sama pak presiden yang baru aja punya akun Twitter itu? Bahkan para pelajar pun akhirnya mention pak SBY supaya meniadakan UN untuk tahun depan karena semakin lama semakin aneh dan rada ancur. Bahkan yang gw denger yang digedein presentasinya buat lulus SMA itu US nya. Jadi UN itu buat apa dong sebenernya?

Halah bodo ah, this is just my opinion.

No comments:

Post a Comment