Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini

Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Tuesday, February 15, 2011

15 Februari 2011

Halo, welkom op mijn blog! Akhirnya gw bisa nge-post lagi Smile.

Kali ini gw bakal posting pengalaman yang cukup gak jelas saya. Yah, tepatnya di hari ini (tadi lah) gw abis melakukan perjalanan yang bener-bener gak jelas. Biasanya sih kalo orang jalan juga ada partnernya, seenggaknya 1 orang lah. Lha ini, sendirian. Yah itulah saya, terlalu ‘gila’ untuk jalan-jalan sendiri, dengan modal utama: NEKAT!!! Angry smile

Okay, this is the story:

When I know today is February 15th, wow I’m so happy! Why? Because of something. Many people don’t know about it, but a little know about it. That’s #2010memories. Gw baru tidur jam setengah 2 pagi.

Lalu bangun jam 5. Sholat subuh, lalu tepar lagi. Bangun jam 6 pagi, ngerjain pr kimia. Terus tidur lagi jam setengah 7. Dan bangun jam 8.

Pas bangun, bokap datengin kamar—biasa mau ngagetin gua. Langsung aja to the point gw minta ongkos buat pergi dan cukup minta 15.000 saja.

Dan setelah itu online depan netbook, sarapan, dan baru mandi jam 12 kurang. Tak lupa masak nasi. Nyokap pergi main voli, yah gw udah bilang dia kalo gua mau pergi abis zuhur. Dan pesan dia cuma 1: masak nasi dulu sebelum berangkat. Abis mandi sholat zuhur, dan ntar dulu ah ngaret bentar mau nonton TV.

Bokap pulang (oh ya! Hari ini gw libur sekolah, soalnya hari ini emang tanggal merah: maulid Nabi Muhammad SAW) dan membawa pisang coklat, kacang hijau, dan ketan. Asik dah, bisa jadi bekal gw nih. Gw bawa aja. Setelah rapi semuanya, pamit sama bokap dan adek. Beli pulsa di deket rumah. And cao to nowhere.

The Journey

Dimulai dari rumah saya, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, DKI Jakarta, Indonesia. Hanya bermodal nekat, dan tas selempang yang berisi:

1. Beberapa lembar kertas
  2. Tempat pensil
  3. Buku “Herr Der Diebe” minjem perpus DKI
  4. Duit secukupnya (bahkan bener-bener secukupnya)
  5. Makanan kecil (pisang, kacang hijau, ketan gorengan masing-masing 1 dalam 1 plastik)
  6. 2 kotak susu
  7. 1 botol minum
  8. Saputangan (kenangan juara 2 voli pas classmeeting tahun lalu)
  9. Kunci rumah
  10. Handphone beserta headset

juga berpakaian kemeja, celana jeans, dan sepatu (yang biasa dipake pas sekolah), tak lupa make kerudung lah saya pergi. Pertama, dari perempatan Medical naik mikrolet 31 menuju Kampung Melayu. Sempet hujan dan macet pas di Cipinang Lontar. Dari berangkat sekitar jam 1 sampai Kampung Melayu sekitar jam 1.42. Langsung saja saya beli tiket (duh, rada ngantuk nih gara-gara macet tadi).

Foto 1916

Dan menunggu hingga bisnya datang. Eh bentar ah mau foto keadaan halte Kampung Melayu dulu deh (maaf banget kalo hasilnya jelek, takut diomelin ketahuan candid).

Foto 1892

Dan ini keadaan di terminalnya

Foto 1893

Moronnya nungguin bis dari jam 2 kurang 10 malah baru nyampe sekitar jam setengah 3. Udah gitu kayaknya gw ngeliat pasangan dejavu lagi. Pasangan muka Cina Glodok yang waktu itu gw temuin juga pas naik kereta (kalo gak salah sih mukanya sama juga). Dan sebenernya masalah kedatangan busway yang lama itu sih gw gak perlu kaget, soalnya pas di loketnya udah ditulis “BUSWAY DATANG –+ 1 JAM”. Ebuset iya aja. Dan akhirnya hujan mereda. Sambil nunggu bis gw buka kertas print-an jalur busway yang diprint semalam.

Dan akhirnya bis pun tiba. PENUH BANGET! Padahal busway nya gandeng. Tapi namanya juga jarang nongol ya penuh deh jadinya. Dan gw berdiri di deket pintu (gak mmungkin gw gelantungan, taulah kalo gw gelantungan, jinjit kayak penari balet yang ada) juga ngerasain nyesek. Walah kambuh.

Kampung Melayu - Pasar Jatinegara - Kebon Pala - Slamet Riyadi – Tegalan – Matraman 1. Yak, di halte Matraman 1 saya turun. Sambil jalan di sepanjang jembatan, sambil baca peta juga. Sebenernya gw gak tau lho mau kemana gw pergi walaupun tahu jalan.

Yak, kini berada di halte Matraman, ada dua jalur, mau ke arah Pulo Gadung atau Dukuh Atas yak dipilih dipilih. Jah, kalo Pulo Gadung ujung-ujungnya gak jauh dari Pondok Kelapa juga (agak sih). Dan tentu saja saya memilih jalur Dukuh Atas. Waiting for bus, and come! First bus, full! Wait another. Second, ahh, got it. Entered the bus. Dan lagi-lagi berdiri dapetnya, udah deh berdiri dekat pintu.Ya lumayan lah sambil liat pemandangan keadaan di luar. Dan saya berdiri dekat 3 orang pemuda (2 pria 1 wanita), pas perjalanan sudah sampai di daerah BKB (Banjir Kanal Barat), ketiga pemuda (diperkirakan mereka adalah mahasiswa) berbicara tentang BKB. Dan salah satunya (yang cowok) bilang ke temannya (yang cewek) kalo air PAM itu asalnya dari air BKB. Dan sang cewek kaget. Ya ampuuun! Umur Mbak sama saya kayaknya jauh lebih tua deh, kemana aja baru tau hal kayak gini!? Gw dalem hati ketawa aja. ckckckck…

Matraman – Manggarai – Pasar Rumput – Halimun – Dukuh Atas 2. Well, the bus stop here, dan kami semua turun. Gw langsung berjalan ke jembatan halte busway Dukuh Atas yang waaw… panjang sekali ternyata kalo jalan sendiri. Sambil menbuka selembaran peta jalur busway (jujur, gw sebenernya gak tau mau pergi kemana).

Dan tibalah saya di halte Dukuh Atas. Ada 2 jalur, arah Kota dan arah Blok M. Kalo arah Kota gw agak sering, jadi saya putuskan untuk menunggu bis yang arahnya ke Blok M. Dan sambil nunggu, di halte ada vending machine coca-cola. Ada seorang ibu yang pengen beli coca-cola. Pas duitnya dimasukin, gak masuk-masuk, berulang kali nyobanya. Akhirnya seorang penjaga datang dan bilang kalo mesinnya rusak. Oh God! Dasar Indonesia! Punya mesin canggih dikit aja rusaknya lebih cepet dibanding usaha buat beliinnya.

Bis pun datang, dan saya beserta yang lain masuk.

Dukuh Atas – Setiabudi – Karet – Bendungan Hilir – Polda Metro – Gelora Bung Karno – Bundaran Senayan – Masjid Agung – Blok M.

Dan emang gw sengaja banget milih jalur Blok M karena—jujur—gw belom pernah tahu Blok M. Gw gak bakal mungkin nungguin bokap gw buat nunjukkin dimana Blok M karena hampir mustahil bokap nunjukkinnya (abis pulang kerja malam mulu tiap hari, hari libur aja tetep gak ada di rumah Crying face). Makanya daripada gw penasaran sampai gila, mendingan gw jelajah sendiri deh mumpung ada waktu. Lagian bokap juga support banget haha. Dan bokap gw cuma bilang,

“Di dunia ini cuma ada 2 belokan, kiri dan kanan. Kalo nyasar gak usah panik, cukup balik lagi ke jalan sebelumnya. Dan gak ada yang namanya jalan buntu, kalo nemuin jalan buntu cukup muter balik kembali ke jalan sebelumnya. Dan 1, gak usah takut sama penjahat karena kita punya Tuhan. Jadi, berdoa aja.”

Bokap gw bilang ini 2 tahun yang lalu, pas gw mau pergi dengan tujuan agak jauh dengan sepeda. Sampai sekarang gw terus keinget kalimat ini sehingga gw nekat aja jalan-jalan sendiri, hehe Laughing out loud.

Dan selama rute ini (hingga Blok M), emang daerahnya semuanya belum pernah gw lewatin (kecuali daerahBenhil, GBK, sama Senayan). Gw bener-bener kaget ternyata ada bunderan Senayan (dengan patung orang yang mengangkat obor dan patungnya gede banget berada di tengah-tengah bunderan). Dan gw gak sempet motret. Why? Karena—lagi-lagi—gw gak dapet tempat duduk dan berdirinya di tengah-tengah. Selain baru tahu ada Bunderan Senayan, gw juga baru tahu letak Al-Azhar Kebayoran, kantor Polda Metro Jaya, and finally, gw akhirnya tahu daerah Blok M. Hah, norak… norak… dasar udik Sad smile.

Blok M, pemberhentian terakhir bis untuk koridor 1. Ternyata ada yang agak beda. Di permberhentian terakhir koridor 1 ini, gak taunya cuma tempat pemberhentian, dan tempat pemberhentiannya kayak stasiun. Yah gak kayak halte lain lah.

Dan kami semua kelaur bis. Kalo gw bakal naik bis lagi. Nah buat naik busway lagi kita harus lewat lobby terminal blok M. Kami turun tangga. You know. Taunya kita berada di bawah jalan raya (norak lagi dah).

This is the lobby of terminal Blok M. Disini rame banget dan banyak orang-orang jualan.

Foto 1895

Karena gw mau naik busway lagi, gw pergi ke ujung lobby, menuju loket (gak tau kenapa gw ngerasa berada dalam cerita Harry Potter pas ngeliat loket busway). Ternyata beli tiket lagi dan bayar lagi Rp 3.500,-. Gak pake karcis, pake kartu. Dan menuju pintu putar. Nah abis itunaik lagi menuju jalan raya menuju halte. Unek-unek dikit nih. Sumpah, infrastrukuturnya (khususnya pintu putarnya yang memprihatinkan).

Dan naik menuju halte…

Foto 1896

Di tempat ini agak mengecewakan. Banyak anak jalanan yang ada di halte. Dan keadaan haltenya agak buruk.

Karena kepala gua udah pusing banget gak karuan gak sempet makan siang pas pergi, udah gitu gak boleh makan lagi di halte sama busway. Yaudah deh mumpung gak ada yang ngawas gw langsung ngeluarin 1 kotak susu dan minum secepatnya. Pas udah habis dan bis belum datang, walah! Gak ada tempat sampah. Plis deh, gimana Jakarta mau bersih!?

Dan busway pun datang. Pertama, penuh. Nunggu kedua. Sementara kotak susu yang udah abis gw minum masi dipegang gak tau mau buang kemana. Dan bis kedua, yap bis kedua. Masuk. Tapi apesnya, lagi-lagi gw gak dapet tempat duduk. Berdiri lagi dah Baring teeth smile.

Blok M – Masjid Agung – Bunderan Senayan – Gelora Bung Karno – Polda Metro – Bendungan Hilir – Karet – Setiabudi – Dukuh Atas – Tosari – Bunderan HI – Sarinah – Bank Indonesia – Monumen Nasional – Harmoni – Sawah Besar – Mangga Besar – Olimo – Glodok – Kota.

Dan dengan jalur yang sama (sampai Dukuh Atas) masih aja gw bingung mau kemana. Buka peta jalur busway lagi. Oh iya , kotak susu tadi akhirnya gw masukin lagi ke dalam tas. Pas di Blok M, ya ampun, ada 3 bencong nyebrang jalan. tomatis jadi perhatian para penumpang busway di dalam.

Akhirnya gw bisa duduk juga pas busway udah di daerah Dukuh Atas. Checking clock, hwalah, udah jam setengah 4 aja. Tadinya pengen stay di Monas. Tapi, ah panas banget.

Akhirnya gw memutuskan untuk pergi ke: Kota Tua. Sebenernya sih udah berkali-kali gw kesini dan rencana awal pengen ke Ancol. Tapi karena kayaknya belom niat banget ke Ancol, udahlah ke Kota Tua aja.

Pas lagi naik busway, dari daerah Harmoni, masuklah seorang foreign. Gak penting sih, tapi tampangnya kayak kompeni Belanda banget!

Dan akhirnya saya sampai di daerah Kota. Turun dari busway, menuju jalan bawah tanah, pergi ke Taman Museum Fatahillah.

Pas naik, sebenernya pengen ke Museum Bank Indonesia. Tapi, oh iya ya tanggal merah, tutup. Hadeeh. Akhirnya nyebrang jalan menuju Taman Museum Fatahillah.

Pas nyampe, walah, ternyata ramenya minta ampun!Nyampe-nyampe malah liat saudaranya yang baca nih blog lagi beraksi (haha bercanda gan, Laughing out loud peace!)

Nih dah gua kasih fotonya…

Foto 1897Foto 1898Foto 1899Foto 1900

Dan ternyata emang rame banget, soalnya selain itu juga lagi ada syuting film (gua gak tau film apaan) dan orang-rang rame banget pada nonton. Yaudah deh, ngkiut aja. Nih sempet foto pas lagi syutingnya.

Foto 1901Foto 1902Foto 1903

Dan ternyata artis yang main tuh film itu…

Foto 1904

Bkakak, Limbad gan! Kebetulan ane dapet nih foto.

Abis itu, keliling muter-muter bentar deh. Emang beneran rame.

Foto 1907

When I see the clock, oh! It’s 4.05 PM! Kok, kayaknya lama banget ya? Gw kira udah jam 5. Tapi ah udah ah. Sepertinya saya harus meninggalkan tempat ini. Eh, pas lagi jalan, ada pasangan yang lagi pacaran asik-asik, malah disamperin ama 3 pengamen genjreng-genjreng nyanyi lagu sok romantis. Tuh pasangan diem dan pergi deh. BWAHAHAHA!!! Gw cuma ngakak. Yang lain pada kesini sama keluarga, temen, atau pacar, atau partner lainnya. Lha gw? Alone here.

Dan langsunglah saya menyebrang menuju Stasiun Kota. Beli tiket ekonomi AC tujuan Bekasi, Rp 4.500,-. Gw liat keretanya dateng jam 16.40, berarti masih 15 menit lagi (gw tiba di stasiun 16.15). Bisa nyantai dulu lah, sambil makan gorengan bawaan rumah. Masuk cek tiket, eh alah! Taunya keretanya udah dateng! Ya ampun, langsung aja gw lari ke arah kereta dan naik. dan stay di gerbong 1. Apes lagi! Gak dapet tempat duduk, soalnya semua gerbong udah penuh. Berdiri deh di deket pintu, sambil ngabisin gorengan.

Foto 1911

Hehe, sebenernya perjalanan ini dilaksanakan secara diam-diam lho tanpa sepengetahuan keluarga. Why? Karena gw bilangnya mau ke Perpustakaan Daerah ngembaliin buku. Padahal gw baru inget kalo tiap tanggal merah perpusnya tutup, hehe.

Dan pas kereta berhenti di Stasiun Senen, tau kenapa gw liat toko yang bikin gua galau.

Foto 1912

Dan announcer keretanya bener-bener bikin ngakak. Ngomongnya… ya ampuuunn! Lebay banget. Intonasi bicaranya dilebih-lebihkan seperti pemain teater.

Gw mutusin buat turun di Stasiun Jatinegara. Biasanya sih Di Pondok Kopi, tapi untuk menghilangkan efek curiga keluarga hehe. Keluar Stasiun, langsung naik mikrolet 31.

Back Home

Di mikrolet, yak menuju rumah. Tapi ya ampun! Kepala gua gak karuan lagi. Persediaan makanan udah abis, tinggal 1 kotak susu dan air minum yang tinggal dikit. Duh pengen banget makan. Udah pusing. Akhirnya gw mutusin buat pergi ke McD Raden Inten. BTurun di Duren Sawit, naik 22 A menuju tempat tujuan.

Pas di McD, gw cuma pesen…

Foto 1914

Nih buktinya…

Foto 1915

Dan duduk sendiri saja sambil menikmati McFlurry dan melihat jalanandi luar yang macet. Abis itu, nenangin diri sebentar, minum air yang gw bawa, lalu keluar. Berjalan kaki menuju Unsada. Abis itu naik 31, berhenti di Medical, dan jalan menuju rumah. 1 year ago… oh forget it! And arrived home at 6.10 PM. Ah, so tired.

Yap, that’s my journey. I think I will do my another journey soon. Thanks for reading!