Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Thursday, June 9, 2011

It's End (for This Season)

Liga-liga di Eropa udah berakhir sejak bulan Mei lalu. Tapi gw cuma mau bahas juara-juara kompetisi lokal yang ada di Inggris, Spanyol, Italia, Portugal, Perancis, Jerman, dan Belanda.

Inggris

Musim ini, Manchester United kembali menjuarai Premier League setelah musim lalu gelar tersebut diambil oleh musuh bebuyutannya, Chelsea.


Manchester United menduduki posisi pertama di klasemen akhir Premier League pada 22 Mei 2011 dengan 80 poin (beda 9 poin sama Chelsea yang ada di posisi ke-2). Pertandingan terakhir United menang melawan Blackpool dengan skor 4-2. Secara keseluruhan di kompetisi lokal, United menang 23 kali, seri 11 kali, dan 4 kali kalah, serta mencetak 78 gol dan kemasukan 37 gol dalam 38 pertandingan. Ini adalah gelar ke-19 bagi United di kompetisi lokal (divisi satu dan Premier League), terbanyak Inggris, dan mengalahkan Liverpool yang mendapat 18 gelar.

Selain itu, Manchester City menjadi juara FA Cup. Top skorer untuk musim ini di Premier League ada dua, Carlos Tevez (Manchester City) dan Dimitar Berbatov (Manchester United) dengan mencetak 21 gol.


Spanyol

Kembali, Barcelona meraih gelar ke-21 nya di Premiera Division musim ini. Tiga musim berturut-turut sejak musim 2008/09.


Barcelona meraih 96 poin dalam Premiera Division (beda 4 poin dengan Real Madrid yang meraih 92 poin dan berada di posisi ke-2). Dalam 38 pertandingan untuk musim ini di Premiera Division, Barcelona menang 30 kali, 6 kali seri, dan 2 kali kalah, serta mencetak 96 gol dan kemasukkan 21 gol.

Untuk top skorer, diraih oleh Cristiano Ronaldo (Real Madrid) dengan perolehan 40 gol. Sementara untuk juara Copa Del Rey adalah Real Madrid yang berhasil mengalahkan Barcelona 1-0.


Italia

Akhirnya setelah lama menanti sejak tahun 2004, rival berat Inter Milan, AC Milan kembali scudetto.


Dalam semusim di Serie A, AC Milan meraih 82 poin (beda 8 poin sama Inter Milan). 24 kali menang, 10 kali seri, dan 4 kali kalah dalam 38 pertandingan. Ini adalah gelar ke-18 AC Milan di Serie A.

Untuk top skorer diraih oleh Antonio di Natale (Udinese) dengan mencetak28 gol musim ini di Serie A.


Portugal

Porto meraih gelar ke-25 sebagai juara Primeira Liga.




Jerman

Untuk musim ini, secara mengejutkan Borrusia Dortmund menjadi juara Bundesliga musim ini. Dan juara DFB Pokal adalah FC Schalke 04.




Perancis

Bukan Lyon atau Marseille juaranya, tapi Lille.




Belanda

Setelah 7 tahun tidak menjuarai Eredivisie, akhirnya raksasa Amsterdam, Ajax menjuarai kembali Eredivisie dan ini adalah gelarnya yang ke-30 (jersey Ajax yang baru bintangnya jadi 3 deh).


Setelah kejar-kejaran (re: balap-balapan) puncak klasemen sama Twente (PSV juga sempet nimbrung), akhirnya Ajax--secara dramatis--mengungguli Twente dengan 73 poin (beda 2 poin sama Twente, 71) dengan 22 kali menang, 7 kali seri, dan 5 kali kalah, serta mencetak 72 gol dan kemasukkan 30 gol dari 34 pertandingan musim ini.

Top skorer Eredivisie musim ini adalah Björn Vleminckx (anjir! susah banget bacanya) dari klub NEC Nijmegen dengan mencetak 23 gol selama semusim di Eredivisie. Sementara untuk juara KNVB Beker FC Twente juaranya (setelah mengalahkan Ajax).



Ini sih buat yang di kompetisi lokal aja. Kalo di tingkat Eropa ntar dulu ya (writer musti ngumpulin kekuatan dulu buat posting yang ini).

No comments:

Post a Comment