Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Saturday, January 16, 2010

Rijksmuseum

Sabtu, 17 Januari 2009…

Gw ngerasain kedinginan dan mimpi yang aneh. Pas gw melek, siake! Gw baru inget kalo semalem gw ketiduran di ubin gara-gara kebanyakan baca majalah dan di sekitar gw masih banyak majalah yang berserakan yang gw baca semalem. Liat jam, baru jam setengah 2, pindah ke tempat tidur yang berada tepat di sebelah posisi gw tidur tadi, dan tidur lagi.

Jam setengah 5, bangun. Wets, taunya udah subuh. Karena gak sholat, gw langsung nonton TV, eh ketiduran lagi deh.

Pas melek lagi, ha, TVnya nyala. Iyalah! Orang gw ketiduran. Dan gw bersiap-siap untuk pergi jam setengah 7 nanti.

Hari ini gw (dan seluruh anak kelas X di sekolah gw) pergi ke Museum Gajah (Museum Nasional) karena ada tugas pelajaran Sejarah. Rencananya, gw, Meitri, Yulia, Dewi, dan yang lain bakal kesana naik busway. Museum Gajah letaknya ada di Jl. Medan Merdeka Barat (gw gatau nomornya), yah depan Monas dan deretannya Departemen Pertahanan, RRI, Mahkamah Konstitusi lah.

Udah rapi, gw langsung berangkat ke sekolah (meeting point kita) dianterin bokap naik motor. Pas nyampe, atunya udah banyak anak kelas X (but not X-3). Anak X-3 cuma ada Tri, Nandia, Jakul, Dian, sama Arcel. Tapi Jakul, Dian, sama Arcel ngilang kemana tau. Dan kita ber-3 nunggu anak-anak yang lain, Meitri dateng, trus Yulia sama Dewi. Setelah lengkap (kita ber-6 doang) langsung cabut naik 20. Eh, ada Puspa di belakang naik motor. Kita berhenti di jalan raya di daerah Pondok Kopi. Puspa juga turun dari motor. Dan kita langsung naik Metro Mini 47 sampai Arion. Di Arion, kita naik jembatan menuju terminal busway depan Velodrome. Eh, taunya depan kita ada rombongan X-6 dan X-4. beruntung lah, soalnya gw rada lupa rutenya. Abis beli tiket, nunggu bis dateng. Eh, taunya gak satu bis sama Meitri, Tri, Nandia, sama Yulia (soalnya mereka masuk bis duluan. Gw, Puspa, sama Dewi, dan rombongan X-4 dan X-6 (beberapa) naik bus berikutnya.

Di dalem bus, semuanya (kelas X) pada gak dapet tempat duduk, gelantungan aja di bus. Pas gw dapet tempat duduk, langsung kukeluarkan jurus ampuh pengobat penyakit bengong alias cengo tanpa arah dan gak jelas, buka tas dan ambil majalah Inside United edisi baru (Januari 2010), dan baca! Eh, keasyikan baca taunya udah nyampe di pemberhentian terakhir bus ini, Dukuh Atas. Kita semua (bahkan seisi bus selain supir dan konduktor tentunya) keluar dari bis. Langsung nyebrang (di jembatan busway juga) buat naik bus berikutnya. Nyampe, kita naik bus yang jurusan Kota. Di dalem bus, kita duduk di bagian depan (ada juga yang berdiri). Gila! Kita pada narsis-narsisan di dalem bus (kurang gawean). Dan nyampe deh di terminal Monas (kebetulan tepat di depan museum). Kita semua turun dan nyebrang. Dan ada Wayan yang juga baru nyampe (dianterin keluarganya).

Kita ber-6 nyebrang tanpa basa-basi. Bersama Wayan, kita langsung masuk ke museum. Sebelum masuk ke museumnya, kita nitip tas dan gw cuma bawa tempat pensil dan hp. Abis ngambil lembar soal, kita langsung ngacir masuk ke museum. Masuk ke sebelah kanan isinya Indonesia semua. Gw, Tri, Nandia, sama Puspa pergi ke lobi utama buat dengerin arahan dari guide. Eh, taunya guidenya ngasih jawaban soal yang kita bawa ke kita (kelas X). Telat 1 pertanyaan. Gw baru nyadar, kelompok gw (Meitri, Wayan, Dewi, dan Yulia) kok pada gak ada? Kayaknya tadi mereka sama gw jalannya… ah, yang penting tulis aja jawabannya. Sambil iseng-iseng shot anak-anak yang lagi engerin gide ngomong (candid of course).

Akhirnya Wayan cs dateng juga. Taunya mereka nyasar di bagian all Indonesia (ngasal banget ngasih nama, made by me). Wayan gentian deh yang nulis jawaban. Yang lain malah narsis gaje (ah, songong nih!). Anak-anak kelas X semakin banyak yang datang dan hujan memang deras di luar. Udah selesai, gw sekelompok dan Barok cs (Barok, Iki, Vandra, Ganes, Acil, dan Andra) bareng-bareng masuk ke bagian pertama (prasejarah).

Pas masuk, ih wow! Gw belum pernah kesini sih. Amazing! Ini dunia gw, dunia penuh benda sejarah dan berhubungan dengan arkeologi. Pengen banget gw nginep sehari aja disini buat ngapalin semua isi museum ini. Bukannya belajar malah narsis. Yah, gw juga ikut-ikut dikit sambil foto-foto benda-benda yang bikin gw ngiler (asli di depan mata gw, tanpa liat buku sejarah) benda-benda bersejarah yang bernilai tak terhingga. Then, we go to 2nd floor. Di lantai 2, ada barang-barang One Piece. Gila! Serasa jadi pelaut. Dan ada juga prasasti-prasasti kuno abis (andai gw bisa baca huruf Sansekerta, Pallawa, Arab ruwet, aksara Jawa Kuno, ato yang lain). Abis itu ke lantai 3. dan terakhir ke lantai 4. Sumpah! Impian gw buat nginep sehari disini makin besar. Banyak banget benda bersejarahnya! Pas di lantai 3, anak-anak Armstrong dan Jakul cs baru mau naik (lah, kita udah kapan tau naiknya). Gw sama Wayan ngiter ulang tiap lantai, belum puas ngeliatnya.

Dan kami kembali di lantai 1, di ruang prasejarah bersama yang lainnya. Kita semua nyocokin jawaban, foto-foto, gw keliling ulang dan melakukan hal-hal yang gaje (baca: hiperaktif) abis. Abis itu, gw dan Wayan (juga ada Dwi, Hanni, Vandra, dan Kartika) ke bagian all-Indonesia. Wiih, remang-remang dan cukup scary (banyak patung scary). Tapi seru! Semua tentang kebudayaan Indonesia. Banyak ‘foreign visitor’ a.k.a. bule di tiap sub-ruangan ini. Pas gw lagi foto pengunjung bule dan anak SD, eh ada bule yang foto gw lagi foto tuh rombongan bule (enek-enek wae). Ke sub-ruang berikutnya. Pas di ruang Papua, eh ada anak bule (mungkin seumuran sama gw) dan keluarganya. Gw lagi asik liat benda-benda yang WAH (artistik, I’m proud of my country, Indonesia!), eh tuh cewek bule ngeliat gw (baru liat anak cewek Indonesia yang hiperaktif dan aneh kali, LOL). Eh, dia senyum ke gw, yah gw bales aja. Setiap pas-pasan sama dia, senyum deh. Haha. Gak berani speak gw sama dia.

Kembali ke ruang utama alias pintu masuk museum. Ngambil tas. Dan pergi ke ruang lain. Lurus, waw! Arca! Banyak banget! Bernilai sejarah! Ngiler gw litanya! Eh, taunya gw ditinggal Yulia cs (dia udah naik busway duluan). Ah, masa bodo! Orang gw masih pengen disini kok.

Udah selesai, gw keluar. Eh, ada Wayan juga yang belum pulang. Kita berencana buat pulang naik busway. Eh, si Tumin, Riri, sama Dilla baru dateng naik taksi (nganterin Inez yang sakit mendadak).

Gw, Wayan, Barok, Iki, Fani, Ganes, dan Andra pulang naik kereta. Sebelumnya naik busway dulu ke arah Kota (ke stasiun Kota). Di dalam bus pada hiperaktif semua, efek moving-clas, ganti tempat duduk mulu (apalagi Iki). Pas nyampe, lansung ke jembatan bawah tanah menuju stasiun. Masuk stasiun, beli tiket jurusan bekasi ekonomi AC (Rp 4.500,-/ orang). Eh, ketemu si Vandra, anak X-2 (kalo gak salah namanya Karel) sama satu orang tau siapa. Karena masih lama, kita ber-7 pergi ke warung buat makan.

Masuk warung, gw cuma beli susu kotak kecil (hemat) yang lain pesen makanan semua. Pas yang lain pada makan, gw keluar dan duduk di pinggir rel di jalur 1 (biar gak ngiler). Eh, pas gw liat ttepat di jalur 4 kereta jurusan Bekasi dateng. Gw berdiri dan Wayan keluar nyusul gw. Dia bilang kalo dia gak kuat ngabisin makanannya, nasi goreng. Alhamdulillah... ternyata Allah masih sayang sama gw, lucky! Gw langsung masuk ke warung dan duduk dan ngabisin makanan sambil ngasitau keretanya udah dateng. udah selesai, pada bayar (kecuali gw) dan ngacir masuk kereta. Kita langsung duduk di gerbong 4, juga Vandra dan 2 orang lain yang dari tadi duduk di ruang tunggu. Kereta jalan.

Wah, udah 7 tahun gw gak pernah naik kereta. Akhirnya naik kereta juga. Gw liat jendela liat pemandangan yang kumuh abis tepat di pinggir rel. Ini nih yang namanya Jakarta Undercover sebenarnya (bukan film yang isinya kehidupan malam). Sambil ngobrol-ngobrol dikit sama yang lain.

Gak kerasa udah nyampe stasiun Buaran. Vandra turun sendirian dari kereta. Pas di stasiun Pondok Kopi baru kita semua turun. Gw sama Fani langsung naik angkot 26. Dan gw berhenti di depan pasar kaget (mendahului Fani yang turun di daerah Swakarsa). Gw jalan ke rumah dan akhirnya sampai deh. Hah, perjalanan singkat yang menyenangkan.

No comments:

Post a Comment