Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Sunday, March 3, 2013

Flash to the Back: MaBa and the Cocard

2012, tahun yang serba aneh. Serba keajaiban. Serba membingungkan. Serba mencengangkan. Yap, itulah kehidupan. Oke, gw membual gak jelas lagi.

Dan di tahun ini gw ganti status. Bukan status dalam kisah asmara (berhubung ga pernah punya gituan), tapi gw berubah dari siswa menjadi mahasiswa (bukan mahadewi).

Tentunya seneng, yah pasti. Jadi mahasiswa. Tapi kalo susah di saat pertama, pasti juga. Apalagi jadi maba. Apalagi jadi maba di tempat gw, entah deh rasanya. Suka-duka selalu ada.

Sukanya, karena gw kuliah di luar kota jadi ketemunya sama banyak temen baru, baik dari daerah itu sendiri, yang satu daerah sama gw, lain kota, bahkan lain pulau. Interesting! Berteman dalam keragaman, berteman dengan teman yang makin macam-macam jenisnya (tapi tetep manusia). Dan sesuatu yang baru juga karena selama kuliah harus jadi anak kos karena rumahnya suangaaatt jauh.

Dan buat maba yang senasib ama gw (apalagi yang seangkatan dan satu almamater apalagi satu jurusan), ini nih derita--atau keunikan--dari mahasiswa baru. Identity card *jengjengjeng

Koleksi ID selama semester 1
Ini dia nih istimewanya maba. Kartu identitas atau yang dikenal (kalo di tempat gw) namanya cocard, nametag, tanda pengenal, ID card, atau apalah itu yang penting memuat nama gw. Selama satu semester gw telah menggunakan cocard sebanyak... 6!!! Yap! Enam cocard. Dan cocard itu tiap bulan! Tiap bulan selalu ada cocard! Ada yang dipake tiap hari sampe gw bawa ke kota buat jalan-jalan (itu juga karena gak sadar). Dan ada juga cocard level nyesek, yaitu cocard yang dipake cuma beberapa hari (gak nyampe seminggu) padahal tuh cocard bagus banget bikinnya. Ada juga cocard tumbal, yaitu cocard yang rusak karena suatu tragedi (paling banter karena air) dan cocard itu bener-bener harus diselamatkan karena males kalo bikin baru lagi.

Nah diantara 6 cocard itu ada 2 cocard yang dipake tiap saat saat kuliah, bahkan tanpa sadar dipake sepanjang universitas bahkan dibawa keluar jalan-jalan. Dan cocard itu ditempel di badan kemana-mana biar tahu kalo lo itu maba sampe kita kesel banget sama senior 'khusus' karena kita disuruh bikin cocard mulu. Eits, tapi beruntunglah pake cocard karena kita bisa tahu nama yang lain dan bisa saling kenal, bahkan dosen dan senior pun bisa kenal, gak temen seangkatan aja. Jadi potitif aja sama guna cocard ini. Yah sama ajalah buat KTP.

Lalu ada juga satu cocard yang spesial buat gw, eh malah ada 2. Yang pertama, cocard buat praktek biologi di Jepara. Aah, this cocard is awesome! Praktek biologi di pantai, whoaaa berasa banget kelautannya (apasih). Tiap pagi dan sore selesai praktek pergi ke pantai menatap laut dan langit kalo gak main-main yah sok-sok menggalau padahal gatau galauin apa. Tapi pas bikin laporan ituloh. Oke cerita dikit ya.

So, pada awal Oktober kami, prodi Oseanografi pergi ke Teluk Awur, Jepara, buat praktek Biologi. This photo is us, Oceanography 2012 (gak semua :( )

Oseanografi UNDIP 2012
Praktek disana berlangsung selama 5 hari 4 malam. Oke gw udah bilang tadi kalo gw gak bakal cerita terlalu banyak karena gw juga rada bingung nyusun kalimatnya.

Dan dalam praktek ini gw tergabung dalam kelompok 7.


So, hari pertama kita santai. Pas nyampe kita istirahat aja. Besoknya itu kita kuliah biologi dari pagi ampe sore. Dan besoknya, dua hari berturut-turut, kita praktek. Buat Oseanografi hari Sabtunya kita praktek di laboratorium dan sekitar kampus aja. Sebenernya seneng sih prakteknya, tapi yang gak asik pas bikin laporannya. It's really di bawah takanan banget. Bayangin aja, pas hari pertama kita selesai praktek jam 6, prakteknya ada 4, dan laporannya harus selesai sampai jam 10 malam, hari itu juga! Dan akhirnya kita semua punya pilihan buat gak mandi. Abis sholat langsung ngumpul semua per kelompok ngerjain laporan dan semrawut abis! Panik pun hampir meluputi semua anak, apalagi pas udah jam 9 malem, mana ada yang iseng nyetel alarm nokia yang nyebelin banget yang bunyinya "sekarang sudah pukul 21" Washu! Mana gw belom ada yang selesai lagi! Dan teet jam 10, kumpulin semua! Bodo ah gak selesai.

Salah satu contoh semrawutnya ngerjain laporan
Next day = mud day. Hoho, praktek lapangan, pas awal mau praktek di hari itu--hari Minggu--asisten nyuruh satu sukarelawan buat ngambil lumpur pas praktek komposisi tanah. Oke, awalnya sih bukan gw, tapi karena yang bawa botol selai semuanya itu gw, jadi gw yang ngambil. Dan, oke, salah, haha, tapi seru! berlumpur ria. Mana taunya yang cewe cuma gw ama temen gw doang.

Ngerjain laporannya pun sama kayak kemaren. Cuma gw santai aja (baca: pasrah) malah sempet tidur. Alhasil yang bener-bener komplit cuma ada 3 dari 9.

Udah ya, males cerita panjang-panjang. Sekarang lanjut cocard berkesan kedua. Cocard yang bener-bener we-o-we banget dan yang gak bakal gw lupain selama jadi mahasiswa. Cocard yang menemani kisah sebuah acara yang bener-bener mengesankan sampe selesai dan seru gak kekira, tapi disitu juga bisa belajar beberapa hal, mostly about kebersamaan. Oke gw gak bakal cerita detailnya soalnya udah punya kontrak buat tutup mulut.

Pada umumnya cocard ini selalu deh gak luput dari senior. Yap, itulah maba. Tapi ambil positifnya aja walaupun gak luput dari kata nyebelin (bukan gw aja yang ngomong ya). Yah bayangin aja waktu luang buat istirahat atau ngapain malah harus ngumpul. Tapi sekali lagi, ambil positifnya aja. Toh gw gak ngerasa rugi dalam jangka panjang kok :D

Dan itulah sekilas kehidupan menjadi mahasiswa baru bersama tanda-tanda pengenalnya.

No comments:

Post a Comment