Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Friday, March 22, 2013

Monumen Palagan Ambarawa

Tanggal 12 Maret lalu, tepatnya lagi tanggal merah karena Nyepi. Gw memutuskan untuk mencari udara di luar kosan dan di luar Tembalang. Awalnya gw gapunya tujuan mau kemana, soalnya gw selalu make kalimat "Dimana kaki dipijak, maka disitulah tujuan gw". Dan emang bener, sampe naik angkot ke Ngesrep pun gw masih rada bimbang mau kemana. Akhirnya gw mutusin buat naik angkot menuju terminal Sukun lalu naik bis menuju Ambarawa.

Setelah sampai di depan Palagan, gw kebingungan, gw pengennya ke Museum Kereta Api. Gw pengen banget naik kereta keliling daerah Ambarawa dan sekitarnya pake kereta yang gw liat di internet ternyata paling murah harganya 5.000 rupiah. Eh setelah berjalan kaki menuju tempat tujuan ternyata ditutup. Boleh masuk kalo rombongan. Kebetulan waktu itu ada rombongan dari UNY (Universitas Negeri Yogyakarta). Alhasil gw kembali ke pertigaan Palagan dan akhirnya memutuskan untuk masuk kesana.

FYI, masuk kesana kalo hari libur 5000 per orang. Dan gw saranin kalo ke tempat ini jangan sendiri. Soalnya waktu itu gw pergi sendiri (ooh FA) dan gw ditanyain sama bapak-bapak penjual karcisnya.
B: Berapa orang, Dek?
G: Satu, Pak! (sambil ngisyaratin angka 1 dengan telunjuk gw)
B: Beneran, Dek? Lha temennya mana?
G: Gak ada, Pak. Saya sendiri kesini.
B: Oalah, ini, Dek buatmu. Lima ribu harganya (ngasih tiket ke gw)

Sebenernya sih bukan karena bapak-bapak penjual karcisnya yang ngomong ke gw kayak gitu. Tapi pas gw masuk ke dalem Palagan, ha-ha-ha, emang harusnya gw ga sendirian kesini. Karena surga! Banyak mainan bocah! Dan udara di Ambarawa ini benar-benar sejuk. Walaupun gak sesejuk dulu buat orang yang pernah kesini beberapa tahun yang lalu.

Udahlahnya gw gamau cerita panjang lebar. Ini gw kasih beberapa foto. Sebenernya sih banyak. Cuma ternyata pada burem, kalo nggak terlalu terang. Maklum kamera yang gw pake itu kamera hp Nokia E63.

Ini monumennya.




Meriam.

Relief yang ada di bagian utama monumen.

Relief yang ada di bagian utama monumen.

Relief yang ada di bagian utama monumen.

Relief yang ada di bagian utama monumen.

Relief yang ada di bagian utama monumen.

Relief yang ada di bagian utama monumen.

Relief yang ada di bagian utama monumen.


Bocah. Bocah everywhere.


Ternyata ada rombongan bocah yang berkunjung kesini. Mereka sedang bersama seorang pemandu.

Ini ada pas Anda masuk ke dalam Museum Isdiman.





Lokomotif jadul. Pas liat di dalamnya tempat duduknya juga jadul. Berasa naik mikrolet. Tapi sayangnya, bagian dalam kereta ini penuh coretan alay gak penting.

Yoi! Ini potongan lagu "Hari Merdeka"

Truk militer jaman dulu neh.


Salah satu dari banyak mainan yang ada di Palagan, jembatan tali. Gw lagi naik nih jembatan. Dan biasa yah, bocah-bocah pada iseng goyang-goyangin nih jembatan. Untung aja gw waktu itu jaga keseimbangan :p

Bandingkan kaki gw sama telapak kaki di bawah gw. Hah, jauh banget!

Entah kenapa gw harus fotoin nih sapu lidi. Oh ya, itu karena saat melihat sapu ini, gw pun teringat dengan Harry Potter. Untung aja gak gw naikin layaknya Harry Potter main Quidditch.

Bunga bankung difoto dari bawah.

Inilah pemandangan yang Anda lihat saat memasuki Monumen Palagan Ambarawa.

Museum Isdiman. Di dalamnya tersimpan beberapa barang bersejarah saat Indonesia melawan sekutu di Ambarawa pasca-kemerdekaan, seperti seragam, meriam, senjata, granat, topi militer. Selain itu juga ada beberapa foto pahlawan yang berjasa dalam penyerangan sekutu di Ambarawa, lukisan mengenai gambaran kejadian peristiwa Palagan Ambarawa, juga ada seragam beserta perlengkapannya pada masa penjajahan Jepang. Juga ada peta strategi Indonesia dalam menghadapi sekutu di Ambarawa.

No comments:

Post a Comment