Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Monday, July 1, 2013

Perjalanan Minggu Tenang (Day 2) [Part 1]

25 Juni 2012

Setelah capek banget di hari sebelumnya dengan perjalanan yang menurut gw itu adalah perjalanan antara hidup dan mati (yah gimana nggak, gw hampir di ambang kematian dan gw cuma modal pasrah aja lah sama Allah). Ternyata alhamdulillah kita masih utuh hingga hari ini. Sempet kebangun jam setengah 3. Karena buat apa juga ya, oke, lanjut tidur lagi ampe gw kebangun jam setengah 6 dan langsung sholat Subuh dilanjutkan dengan membangunkan Memey.

Hari ini rencana kita adalah menyusuri Pantai Selatan di daerah Yogyakarta. Dan pantai pertama yang bakal kita datengin itu yang paling deket aja, apalagi kalau bukan Parangtritis. Oke intermezzo dikit ke beberapa hari sebelumnya. Jadi beberapa hari yang lalu gw telepon keluarga yang ada di Jakarta sana dan gw minta izin sama bokap kalo mau ke Jogja sama temen-temen. Jadi, conversationnya kurang lebih begini:

Le me: Pak, aku minta izin ya minggu tenang ini mau pergi ke Jogja.
Le bokap: Oh, gak papa, Na. Ama siapa aja?
Le me: Ama temen-temen. Gak aku doang kok. Yah insya Allah bisa ketemu Dek Risca juga. Kita mau nyusurin pantai, Pak.
Le bokap: Ooh, ke Parangtritis juga?
Le me: (mampus gw) I-iya, Pak.
Le bokap: Hati-hati disana.
Le me: Iya, makasih, Pak.

Jadi, dari dulu, kalo gw wisata ke daerah selatan gitu tanpa orang tua gw, pesan bokap dan nyokap itu sama. "Jangan main ke pantai," karena disana, yah lo tau ndiri pantai daerah selatan tuh gimana. Ombaknya gede naujubilah. Dan bisa bikit seret-seret orang kalo ganas banget. Udah gitu emang permukaan lautnya itu terkenal curamnya. Beda lah ya sama pantai di daerah utara yang ombaknya biasa aja dan kalo lagi surut tuh jalan udah berpuluh meter aja masih dangkal.

So, rencana a.k.a. terori a.k.a. wacananya, kita check-out dari penginapan jam 8 dan langsung ke Parangtritis. Sebelum kita bener-bener check-out, yah kita berlima setelah Iman, Adun, dan Ega mandi (gw ama Memey gak mandi soalnya semalem udah mandi haha XD ), ngobrol-ngobrol bentar ngomongin soal rencana sisir pantai selanjutnya dan ngobrolin soal kemaren dan obrolan gak jelas lainnya. Dan gw bener-bener shock sama ucapan Ega. Oke, jadi kita ini lagi flashback yang kemaren, saat gak sengaja kita (tapi yang ngendarain Ega) nabrak tukang becak yang padahal tuh ya jalannya di pinggiran dan pelan. Gw sih tahu kalo sebabnya itu Ega ngantuk dan gw nyadar sejak sebelum kita bener-bener udah di Bantul. Kasih usaha dikit lah biar gak ngantuk (ngobrol dan pukulin punggung). Tapi yang bener-bener bikin gw shock itu pas Ega ngomong, "Terakhir gw nyadar itu pas di jalan raya yang ada trotoarnya."

"Terakhir gw nyadar itu pas di jalan raya yang ada trotoarnya."

"Terakhir gw nyadar itu pas di jalan raya yang ada trotoarnya."

"Terakhir gw nyadar itu pas di jalan raya yang ada trotoarnya."

Harus gw ulang berapa kali lagi tuh ucapan!? Jalan raya yang ada trotoarnya? Asal lo tahu, jaraknya itu ke lokasi gak sengaja nabrak itu bisa dibilang sekitar 2 kilometer! 2 kilometer saudara-saudara! Dan Ega gak nyadar sejauh 2 km!!! Astagfirullahalaziiimm..... Ya Allah alhamdulillah Ya Allah untung gw sama Ega masih utuh sampai saat ini.

Oke, teori yang meleset setengah jam (ngaret juga kan -_- ). Rangkaian perjalanan kita pun berlanjut ke pantai Parangtritis yang jaraknya emang gak jauh dari tempat kita nginep.

Gak lama kemudian kita sampai deh. And waw, seumur hidup gw, baru kali ini yang namanya nginjek daerah pantai selatan di Pulau Jawa (waktu itu udah pernah, tapi di Sanur, itu di Bali). Dan ombaknya emang gak boong. Baru kali ini gw liat ombak pantai yang gede. Karena selama ini cuma sebatas liat foto sama TV doang.

Bentar, gw kasih beberapa fotonya ya. Source: hp gw, Adun, dan Ega.

When we arrived here. Memey dan Adun.

Nyusul Ega dan Iman.

Gw pun bingung atau emang masih bego ya. Kenapa bisa keluar sendiri airnya.

Left to right: Ega, Iman, Adun, Memey. This is Parangtritis Beach.

With a different pose.

Dan pose yang beda lagi. Ketauan lah ya siapa fotografernya. Di depan mereka, barang bawaan inilah yang bakal punya cerita tersendiri.

Adun, gw, Ega, dan Iman

Bawa tasnya, bawa tasnya.

Gw bingung ini siapa yang moto dan gw juga lupa ini abis ngapain.

Memey

Iseng doang. I'm here.
Woo hoo, gelombangnya
Bayangan gw pun terlintas ke Porong

Pemandangan sekitar

Kalo lo nengok ke belakang, beginilah pemandangannya. Bekas jejak kendaraan offroad (entah apalah namanya).

Gua lagi yang motoin mereka.

Me and Adun

Perfect timing.

Ega

Adun

Ega lagi

Oke, cerita dikit ngapain aja kita disana ya. Sebenarnya ada 2 tujuan, pengen tau dan foto-foto. Nah kita yang masuk oseanografi baru 2 semester dan belom terlalu ngeh tentang laut mau sobet tahu gimana arus dan gelombang (jiah) disana gimana. Dan yah hasilnya: parah! Maksud gw, gelombangnya tinggi dan arusnya itu kenceng, sehingga disana itu kita gak boleh yang namanya berenang disana (hampir semua pantai selatan begitu). Dan gw iseng iseng gak jelas tuh (antara kebiasaan juga sih) jilatin air lautnya. Seasin apasih. Yah kalo dibilang sih gak seasin yang ada di pantai-pantai di bagian utara (menurut gw ya, mungkin harus gw cari juga sebabnya karena bisa aja gw salah, mungkin karena lidah gw lagi gak mood, mungkin). Dan gw iseng mainin buih-buih bekas hempasan ombaknya hehe dan lembut-lembut gimana gitu entahlah. Terus gitu iseng juga mainin biota sekitar. Yang gw temuin ada kepiting kecil pake banget dan ada polychaeta bening gitu. Gw mainan deh ama mereka. Dan tiba-tiba insiden gak penting pun terjadi.

Yah lo tahu lah ya pantai selatan itu ombaknya emang gede-gede. Jadi gini, Iman sama Memey itu jagain barang bawaan, gw mainan ama hewan-hewan kecil di tempat lain, sementara Adun sama Ega pergi di sisi nun jauh disana, antara penasaran dan pengen foto-foto. Nah tiba-tiba Iman dateng ke gw dan bilang, "San, saya mau pergi ke Adun sama Ega dulu ya." (yah, kurang lebih ngomongnya gini dah). Dan gw iya-iya aja. Jadi, tinggal Memey sendiri jagain barang. Gw tetep mainan sama kepiting dan polychaeta bening entah apa itu, sambil sesekali ngelirik Memey yang kicep banget sendirian jagain barang bawaan kita. Oke balik mainan lagi.

Dan tiba-tiba di belakang gw (posisi gw itu membelakangi laut) ada anak-anak kecil teriak kenceng banget. Memekakkan telinga. Gw pun corious alias kepo dan gw pun noleh ke belakang. Masya Allah! Ombaknya gede! Pake banget. Dan pasti bakal nyampe ke... BARANG-BARANG KITA!!! MEMEEEYYY!!! Gw pun reflek langsung lari ke arah Memey yang kasian banget ngamanin barang bawaan yang emang airnya tuh nyampe ke semua barang kita, jaket, sendal, sepatu, juga tas. Gw lemparin ke tempat yang paling kering satu-satu (walaupun udah terlanjur basah) sama Memey doang, doang! Juga sepatu Ega sama Iman, crocs Memey (padahal punya Muti), sendal Adun. Aman semua! Dan pasrah sama sendal gw yang kayaknya keseret ombak kemana tau. Eh tiba-tiba Memey ngeliat sendal item gak jauh dari kita. "Na, itu sendal kamu!" Gw pun noleh ke kanan. Sendal!? Eh iya bener. Alhamdulillah... Akhirnya bawaan kita baik-baik aja, cuma basah. Yang hanyut tuh buku tulisnya Adun sama kaos kakinya Ega. Goodbye.

Oke, tindakan selanjutnya adalah... manggil 3 cowok yang ada di sudut biru--eh, maksud gw sudut elevasi--jiah, sudut lain atas apa yang mereka lakukan pada kami, 2 cewek yang nyelamatin barang mereka juga. Samperin deh. Barang-barang kita dijagain sama temennya Memey dan sepupunya. Oke yang lebih nyamperin itu Memey. Dan pastilah yang dilakuinnya, marah setrip marah. Dan gw pun dari jauh udah ngumpat kata-kata yang harus di tuuut tuuut tuuut (macam bajingan gitu lah). Dan mereka pun akhirnya datang dan gw masih ngumpat. Oke, I don't care with my appearance again. This is me, when I'm in high-level emotion. Dan nyeseknya lagi Adun cuma bilang, "Sori." Titik, udah, gitu aja. Gw yang marah banget dan kesel itu ngerasa gak sesuai banget dengan kata sori dan gw pun teriak "B******** lo! N******* lo!" Sampe yang lain, "San!" Dan sebenernya itu cuma marah sesaat, ngumpat biar gw lega. Gak marah lagi. Lalu kita bersiin semua barang berpasir dan pergi ke tujuan berikutnya. Samas. Tapi cari makan dulu.

Otw cari makan.
Di perjalanan, gw sama Ega yang udah kelaperan mulai berandai makan. Gw bilang ke Ega, "Ga, gw jadi pengen es jeruk ini." Dan Ega pun bilang kalo dia laper dan haus total secara bersamaan (iyalah, dari semalem belom makan). Isi bensin dulu di pom bensin terdekat (15 km dari pantai, pret!). Lalu cari tempat makan dan makanlah kita bertujuh ke sebuah warung yang nyediain soto. Makan deh gw soto sama minum jeruk anget. Haah alhamdulillah kenyang. Trio supir (Ega, Adun, Iman) berlagak 'studi banding' gorengan disana. Ngebandingin sama gorengan Tembalang. Then yah sambil jemur jaket sama sepatu di luar (untung cuacanya lagi panas banget dan berangin, jadi cepet kering). Yah sambilan lah foto pemandangan sekitar, sambil menikmati angin sepoi-sepoi.

Pemandangan daerah Parangtritis, Bantul

Awan lagi

Dan kali-kali lah nyepam foto ndiri yang jelek (emang jelek terus).

Sekali-kali narsis

To be continued...

2 comments:

  1. Waahh.. what an adventure yah!
    Perjuangan untuk cari tempat travelling itu menyenangkan pas udah sampai ke tempatnya(:

    Cheers,
    Dreamy Princess

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah begitulah tapi jatuhnya malah pengen travelling lagi nih. mulai ketagihan

      Delete