Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini

Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Wednesday, July 3, 2013

Perjalanan Minggu Tenang (Day 2) [Part 2]

Oke, cerita perjalanan kami di minggu tenang pada hari kedua pun berlanjut.

Setelah kenyang banget makan soto dan minum yang sebagian besar pada minum jeruk anget, lanjutlah perjalanan kita menuju daerah Samas. Buat lo yang gak tahu dimana Samas, nih gw tunjukkin petanya.

Yah cukup jauh juga dari Parangtritis, walaupun udah pake jalur cepet juga. Tapi apa salahnya sih namanya juga perjalanan kalo mau deket mah tidur aja di kamar sambil mimpi. Oke ngawur, kembali ke topik.

Dan hari pun semakin siang. Matahari semakin tinggi, dan akhirnya kita sampai juga di daerah Samas sekitar jam setengah 12 siang.

Otw Samas
Dan akhirnya kami pun memasuki daerah Samas. Oke dan jalan cukup meliuk-liuk menuju kesana, khususnya di pantainya. Dan ini sedikit gambaran daerah Samas.

Miring. Maklum lagi jalan dan bukan fotografer ahli.

Sebelum bener-bener sampai di Samas, tiba-tiba ada mobil SAR lewat. Gw pun bingung sekaligus takut. Kok malah perasaan gw jadi gak enak sih mau kesana. Tapi bodo ah, belom terobati penasarannya kalo belom bener-bener liat. Maklum anak muda. Dan akhirnya kita pun sampai di Pantai Samas. Tapi tiba-tiba kita diperingatin sama polisi. Gw pun takut, waduh, ada apaan nih? Eh pas motor kita maju ke depan dan semakin depan. Jeng-jeng!!!

Ini pas gw baru nyampenya
Buat lebih dekatnya, nih...

Nah kemaren itukan kita sempet mau kesini tuh ya, semalemnya. Dan itu udah dilarang sama bapak-bapak soalnya pasangnya lagi tinggi pake banget. Dan inilah efeknya. Ternyata semalem itu ada abrasi yah efeknya tuh bisa diliat di foto lah. Bahkan ada rumah yang kena. Untung aja yang punya rumah itu katanya udah pindah dari kapan tau. Dan yap, rusak kemana-mana. Gw pun langsung minta bubaran soalnya ombaknya itu gede banget dan tinggi dan bener-bener deket sama kita. Yaudah, kita langsung pergi ke tempat lain, tapi tetep Samas judulnya. Yang diincer oleh kita, tempat konservasi penyu. So kita langsung tanya-tanya warga sekitar dan nyari tempatnya.

Oke, gak jauh, cuma puluhan meter, kita sampai di tempatnya. Abis markir motor di tempat yang paling deket, kita langsung masuk ke dalam tempat konservasinya. Oke, secara keseluruhan, gw-kecewa-banget sama konservasinya. Apa-apaan nih!? Masa gak terawat banget tempatnya! Oke, this is the preview:

Cuma ada dua penyu yang ada disitu. Oke, kalo masalah 2 penyu doang sih gapapa ya. Asalkan kolamnya tuh bersih gituloh. Lah ini? Kolamnya aja kayaknya tuh gak keurus banget. Keadaannya tuh kotor pake banget deh. Udah gitu keadaan penyunya juga memprihatinkan lagi, rada, maaf, cacat gitu fisiknya. Malah ada yang kakinya tuh gak ada satu. Entah dari lahir emang gitu atau pas dipindahin buat konservasi udah gitu keadaannya, mungkin juga belom lama jadi begitu. Mollayo, God knows. Intinya kita miris banget deh sama keadaan penyunya, juga sama tempat konservasinya apalagi. Dan karena gak kuat, kamipun keluar dari tempat itu.

Nah selanjutnya pergi ke pantainya. Oke, disini gw mulai mengalami trauma. Sebenernya sih bukan apa-apa. Karena apa yang gw liat tadi tuh keadaannya gitu (yang kena abrasi), jadi gw mutusin buat tetep diem di tempat dan duduk di warung deket tempat parkir (karena pikiran gua udah aneh-aneh jadi takut). Pada akhirnya gw coba maju sedikit dan cuma foto-foto mereka dari jauh.

Dan dari jauh tuh gw liat, waah ombaknya kerasa gede banget. Tapi ada yang aneh lagi. Gerakannya ituloh. Aduh gimana yah gw ngetiknya, jadi setelah ngegulung ke arah kita tuh ombaknya, abis itu tuh ngegulungnya ada yang ke samping gitu. Oke, efek topografi dari dasar lautnya.

Nah, buat yang lebih deket gimananya, nih gw ada fotonya. Dapet dari hpnya Adun.

Yaah terkena efek abrasi juga ini. Dan mulut pantainya tuh motong gitu.

Dan ternyata ada yang bikin garam juga nih.

Bukan, ini bukan nasi.

Perlengkapan buat bikin garam. Sederhana.
Pas gw coba garamnya, asin euy (yaiyalah goblok, mana ada garam manis).

Setelah itu, mereka kembali. Dan sebelum bener-bener pergi dari tempat itu, Adun mulai sepik-sepik iseng tapi ada gunanya ke ibu-ibu yang jaga warung. Topik utamanya yaitu tentang "Konservasi Penyu". Jadi yang bawa si Adun kesini karena corious banget sama konservasinya itu karena Bu Jeki (dosen zoologi kita) yang sempet cerita kalo ada tempat konservasi penyu di Pantai Samas, flashbacknya gitu.

Adun pun nanya itu yang ngurus siapa. Kata ibunya sebenernya ada cuma gatau sekarang kemana dan pengurusannya pun gatau gimana sekarang. Dulu katanya itu proyek PKM anak UGM, tapi entah kemana perginya orang itu (mungkin udah lulus dan jadinya lupa ama tugas dia dulu kali ya). Dan sepertinya ini karena satu, UANG. Yah mungkin karena udah gak ada dana, atau pengurusnya gak dibayar, atau udah dikasih dana tapi duitnya menguap kemana tau (if you know what I mean). Dan ibu itu ngasitau kita kalo ada tempat konservasi penyu lain itu di Goa Cemara. Oh, Goa Cemara, kalo diitung-itung jaraknya gak jauh dari posisi kita sekarang. So, abis pamit sama ibunya, kita langsung capcus ke Goa Cemara. Rasa penasaran itu masih menghinggapi kita.

Sesampainya di Goa Cemara, kita langsung nanya orang sekitar (untuk saat ini tukang parkir) dimana tempat konservasi penyunya. And dari posisi kita tuh ya belok ke kanan aja. Empat motor pun langsung vrooom ke tempat yang dituju. Eh ternyata hasilnya nihil saudara-saudara. Emang sih dari tempat, pengelolaannya tuh lebih bagus disana. Tapi emang udah dibilang ama bapak tukang parkirnya sih tadi, baru ada telurnya. Bahkan kita gak bisa liat telornya (di dalem pasir kali haha). So, rasa penasaran kita itu gagal terjawab hari itu juga dan buat hari tenang ini. Mungkin bakal nemuin rasa penasaran itu suatu saat nanti. So, kita melanjutkan perjalanan yang sebenernya gw gak tahu tujuannya kemana (oke, kayaknya cuma gw deh yang bener-bener gak tahu perjalanan selanjutnya itu kemana aja).

Nah selanjutnya jalan, jalan aja. Gw gak tahu kemana sebenernya, jadinya sambil jalan bercanda ria aja sama Ega dengan mengaitkan semuanya dengan laut, seperti sawah laut, cemara laut, jalan laut, bebek laut, sapi laut, dan omongan yang serba gak penting dan belok-belok berlagak Valentino Rossi di MotoGP.  Masalah di motor Iman pun semakin menjadi. Motornya yang semalem itu kata Bang Yogi itu ada masalah di kampasnya itu pun kembali lagi. Suara ciiit ciit itu kembali terdengar. Dan untungnya ketemu bengkel, langsung deh bawa ke bengkel. Ternyata bukan rusak di kampas, tapi lahernya. Lahernya tuh udah karatan gitu di bagian depan, dua-duanya. Dan akhirnya lahernya pun diganti. Sementara Iman dan Adun belanja minuman, Memey, temennya, Mas Fatih dan sepupunya, aduh namanya mbak siapa gw lupa, ke masjid buat sholat Zuhur. Dan gw pun nemenin Iman di bengkel.

Selesai diganti lahernya dan Iman dan Ega udah balik, kita berempat pun pergi ke masjid juga buat sholat. Udah sholat, kita rehat bentar sambil bercanda-canda gak jelas. Dan sekitar jam 3an kita ngelanjutin perjalanan. Dan gw masih gak tahu kemana kita pergi.

Gw pun baru tahu kalo tujuan selanjutnya adalah... Gunung Kidul! Dan kalo dijarakin dari Samas ya, begini.

Sebenernya sih posisi kita itu udah gak di Samas lagi, gw lupa, di sekitar Bantul lah. Tapi tetep aja ya itungannya cukup jauh setelah gw sadari (pantes aja pantat gw berasa berkurang massanya).

Oke, karena kita gak tahu juga kalo gak ada Mas Fatih, jadi di ring road yang ada Pasar Seni Gabusan (entah bener apa nggak kalo dibilang ring road). So sambil nunggu, foto-foto dulu aah (again and again and again and again).

Gw (di belakang Ega) dan Adun yang pake motor Caul (Caulnya di planet lain).

Iman, gw (di belakang Ega lagi), Ega, dan Memey.

Iman, gw, Ega, dan Adun. Oke disini motornya emang Yamaha Jupiter semua dan platnya Jawa Barat semua (E (Cirebon dkk.), D (Bandung), T (Karawang). Yang plat E ama D sih bener tapi yang T abal (karena gak ada plat BH).
Dan lebih baik nerusin perjalanan dulu deh. Nyetop di pinggir jalan yang sebelahnya tuh ada angkringan dan Memey pun beliin macam-macam gorengan buat kita yang emang dasarnya laper semua. Dan Mas Fatih pun datang. Dan lanjutlah perjalanan kita menuju Gunung Kidul.

Ternyata perjalanan ke Gunung Kidul itu sungguh... memuakkan. Sekali lagi gw dihadapin sama perjalanan antara hidup dan mati yang lebih parah. Soalnya baru pertama kalinya gw ke daerah dataran tinggi tuh naik motor dan itu jauh pake banget. Gw pun nanya ke Ega, "Ga, ini mau kemana?" Dan dia ngsitau kalo kita tuh ke Baron. Oalah, adoh toh Baron ki. Gua kira deket. Dan perjalanan yang menyakitkan pun tetap menyakitkan. Napas gw gak beraturan. Puncak parahnya pas nyampe di gerbang selama datangnya Gunung Kidul. Mata gw serasa ngeliat itu dalam mimpi, miriiiiingg banget, saking ngebutnya Ega. Dan pusing, sesek, jantungan, kuping berdengung nyampur jadi satu. Pas Adun sama Memey abis dari pom bensin pun gw minta buat gak langsung jalan dulu bentar.

Oke setelah dirasa kuat, lanjut perjalanan yang jaraknya berpuluh-puluh kilonya. Great! Bahkan tangan kanan Ega pun jadi biru dan berbekas sama stangnya. Overall, pemandangan sekitar itu subhanallah banget indahnya. Karena gado-gado jadi mumet banget, yep kita sampai di 2 persimpangan, antara Pantai Baron dan Pantai Kukup. Tapi kita milih ke Pantai Kukup dulu. Buat Baron, besok aja. Dan di sekitar Pantai Kukup tuh ada gunung kapur alias karst.

Kalo dari Wonosari, pusatnya Gunung Kidul, yah jaraknya segini lah.

Yang tanda bintang itu lokasi Pantai Kukup.
Pas gw menginjakkan kaki ke Pantai Kukup perasaan gw masih rada takut karena abrasi di daerah Samas tadi. Terus dibilangin deh, "Udah San, ini daerah gunung. Aman." Oke, dan pas lihat pemandangannya. Waaw subhanallah, ini bener-bener keren banget. Areumdawoooo!!! Eits, sebelum bener-bener turun ke pantai, shalat Ashar dulu. Mumpung masih jam 5 sore. Langsung ke musholla yang jaraknya emang deket banget dan alhamdulillah langsung dapet penginepan juga haha, harganya gocap a.k.a. Rp 50.000,00. Oke, karena kita semua diutnya menipis apalagi gw sama Adun yang daritadi gak nemuin ATM (sepanjang jalan gw gak nemuin ATM Mandiri), nyewa cuma 1 kamar buat berlima. Oke sounds so freak. Nyampur cewe sama cowo. Tapi gw percaya lah gak bakal aneh karena gw udah nilai temen-temen gw yang cowo ini baik-baik. Bismillah ajadeh.

After sholat, kita nitip tas. Terus turun ke pantai. Yuhuuuu!!!!! Overall, pemandangannya kurang lebih kayak gini nih.

Maklum, sekali lagi, gw bukan fotografer ahli. Dan of course, kita pun narsis gak jelas alay-alay nyampah lensa kamera hp gw, Adun , dan Ega.

Sang anak pun memeluk bapaknya

Akhirnya foto berlima juga.

Lima bocah absurd.

Dan Mas Fatih pun tertangkap kamera juga.

le me dan Adun

Ega

Iman

Adun

gw

Trio supir

Ini karena responsi kimper.

Yang paling besar dan 2 bocah kecil.

Semua karena responsi kimper.

Salahin responsi kimper yang nyuruh kita masukin foto alay.

Oke, setelah matahari tenggelam dan adzan Maghrib udah selesai, kita pun sholat Maghrib di musholla. Abis itu gw, Iman, Ega, dan Adun naro barang di kamar. Pas gw liat kamarnya, oke luas. Tempat tidur ada 2, besar, dan misah! Oke aman! Satu buat cewe dan satu buat cowo. Muat. Setelah itu kita berenam makan deh di tempat makan di kawasan yang sama, masih di pantai juga kok. Kita pesen mi ayam sama jeruk anget (cuma 9 ribu haha). Then Mas Fatih pun pamit buat balik karena ada temennya. Dan itu udah jam 8 malem dan gelap bin jauh banget. Tadinya kita gamau biarin balik tapi yah terpaksa deh. Oke, balik ke kamar. Memey pun ikut lega karena kamarnya luas dan tempat tidur misah.

Di kamar pun Adun bikin aturan, kalo ada yang ke kamar mandi, yang lain ngadep ke arah lain, ngabaiin yang ada di kamar mandi, biar gak dikira aneh-aneh. Sip. Dan faktanya jarang ke kamar mandi. Abis sholat Isya, evaluasi. Kita berlima beberin apa yang ganjel selama perjalanan. Then abis itu, tidur gapake ganti baju. Urutannya, Memey duluan ketiduran, terus Iman. Tinggal bertiga, mainin hp, dan gw sambil baca Harry Potter and the Chamber of Secrets. Then Ega tidur, tinggal gw sama Adun. Dan Adun pun terlelap, tinggal gw yang susah tidur. Kalong lagi. Baca buku biar cepet ngantuk, efeknya lama. Akhirnya tahu kapan, terlelap juga.

Oke, sampai jumpa di hari selanjutnya ya. Nyampah selca gw dulu ah yang sungguh jelek haha.