Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini

Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Sunday, July 7, 2013

Perjalanan Minggu Tenang (Day 3) [Part 2]

Kami pun sampai di Pantai Sundak, yang gak jauh dari Indrayanti. Dan kata penjaganya boleh renang disitu. Tapi lagi dan lagi, rasa takut di gw pun kembali muncul. Takut sama ombak yang gede. Pas gw liat lebih dekat (karena mereka nyuruh gw buat ngetes bahaya apa nggak soalnya gw yang paling takut ombak gede--inget ortu). Pas diliat, bayak yang nyebur. Waa!!! Ayok inimah! Dan mereka pun menyusul.

Oke, first of all, ini dia viewnya Pantai Sundak:

Karena planningnya itu berenang (bukan renang sih, nyebur-nyebur) dan gw gak tau sama sekali karena bakal nyebur, mau gak mau gw pun pinjem baju orang haha. Pinjem celana pendek Ega dan kaos Memey, then byurrr. Asin, berpasir, dan hampir aja gw keseret jauh (sumpah yang keseret itu deg-degan bukan main, untung aja masih bisa nahan nih badan). Iman yang jungkir balik kebawa ombak, Ega yang hampir keseret juga karena terlalu kurus, Adun yang kena karang tangannya, dan Memey yang memilih gak ikut nyebur dan akhirnya cuma jadi tukang jepret dan tukang jaga barang bawaan haha.

Serem jadinya gw liat Ega begini

Proses penguburan

Terus kubur. Terus timbun dengan pasir.

Ega yang jahat.

Bisa buat kover album The Beatles yang Abbey Road nih

After seneng-seneng abis karena basah semua dan badan penuh dengan substrat pasir (kecuali Memey yang kering kerontang), yah akhirnya di hari ini kita mandi juga. Oke, persediaan baju gw kurang ternyata (banget bahkan) akhirnya minjem ke anak-anak, begitu juga peralatan mandi (karena gw cuma bawa sikat gigi sama pencuci muka XD ). Pada bahagia banget mandinya, gak yang cewe atau cowo, soalnya pada kotor banget jadi mandinya lama banget juga deh. Tapi nunggu gilirannya ituloh yang lama, buru laper. Apalagi alat mandinya ketergantungan (untung handuk nggak). Dan kita pun jadi bersih kembali (walaupun masih ada bekas substrat yang kebawa sampe Tembalang).

Karena masih mager juga ya, yaudahlah leyeh-leyeh dulu.

Siap-siap ngelanjutin perjalanan

Sekitar jam 12 kurang seperempat menit (11.45 WIB), kita ninggalin Pantai Kukup dan foto terakhir.

Pas mau ngelanjutin perjalanan, deket motor kita itu ada plat BH alias platnya Jambi. Nah Adun semangat banget tuh ya nungguin siapa yang orang Jambi. Eh taunya ada tuh orangnya cewe, terus sepik deh pake bahasa mereka. Ternyata satu SMA sama si Adun, tapi seangkatan sama kita (2012), jadi dia itu adek kelasnya Adun (Adun itu lulusan 2011 tapi '94 line). At the end of their conversation, gw pun cuma bilang "Yak! Artinya bisa diliat di bawah sini." Karena terlihat yang lain pada cengo walaupun masih ngerti bahasa mereka. Dan ditemukan fakta baru kalau Adun itu memang sudah tua.

Oke lanjut perjalanan, pantai terakhir untuk ekspedisi ini, Pantai Baron. 7 km lebih buat kesana (tapi kalo dari Kukup gak jauh). Oftenly, expectation different with reality. Harapan hampir selalu beda sama kenyataan. Dan itulah yang kita alami di Baron, sama kayak watu di Samas. Pas liat di internet, waah pemandangannya bagus. Begitu juga kata orang-orang begitu. Eh pas kita dateng, wat!? Oke, ini viewnya.

Mungkin karena dulu itu belom terlalu dikenal kali ya jadinya masih bagus gitu vienya kalo diliat di internet. Lah kenyataannya? Karena sekarang udah jadiin tempat wisata yang komersil jadi kesannya penuh gitu deh. Tadinya kita mau maju ke arah teluknya juga bingung karena di sekitarnya juga penuh dan rada kumuh gitu deh. Kapal nelayan berjejer disana, jadi kesannya berantakan. Dan belom lagi baunya, amis banget. Yah namanya juga dipenuhi kapal nelayan yang buat nangkep ikan. Yaudahlah cukup liat dari jauh aja. Abis itu kita makan mie ayam disitu deh.

Abis makanpun kita langsung ngelanjutin perjalanan lagi. Oke, setelah diputuskan, kita langsung pulang, gak mampir ke kota (Jogja) dulu karena timingnya, kita harus pulang hari ini juga, walaupun nyampenya malam. Kita pun keluar dari daerah Gunung Kidul lewat jalur yang kemaren (yang bener-bener memuakkan). Untungnya, karena kemaren gw udah mau muntah jadinya sekarang biasa aja. Yah maklum, kemaren itu pertama kalinya gw naik ke dataran tinggi pake motor dan ngebut dengan kecepatan 70 km/jam (yah lo tau kan kalo ngebutnya motor itu kerasa banget). Tapi sekarang alhamdulillah... santai aja.

Selama perjalanan pun gw sama Ega saling gak jelas. Lebih gak jelas lagi, kita bahagia banget kalo dah liat kendaraan plat daerah asal (Ega dengan plat D, dan gw dengan plat B, apalagi B 'XXXX' T'XX' itu bahagia banget, berarti sama-sama Jakarta Timur.

Belok kiri, belok kanan, kiri, kanan, dan terus begitu (Ega like a rider, Rossinista)
Dan akhirnya ditemukanlah juga pom bensin di daerah kota (aduh gw lupa namanya, tapi masih di daerah Gunung Kidul). Berhenti disana, isi bensin, lalu sholat Zuhur. Karena pejalanannya bakal jauh banget jadi kita mutusin buat jama' qashar sama Ashar. Abis sholat, gw pun ke kamar mandi buat sikat gigi haha (karena belom sikat gigi sama sekali dari kemaren dan itu sengaja karena abis makan tadi) sementara yang lain pada tidur di dalem musholla (kecuali gw sama Adun). Lalu setelah dikira cukup istirahatnya, kita lanjut lagi deh perjalanannya. Menuju Tembalang, kali ini lewat jalur Klaten.

Sebenernya sih, dari lubuk hati yang paling dalam dari kita semua (ternyata bukan gw aja), rasanya berat banget buat ninggalin Jogja, apalagi buat kembali ke Tembalang. Rasanya tuh beraaaatt banget, gak ada magnetnya buat ke Tembalang. Abis kalo uda di Tembalang ya, itu artinya kita kembali ke kosan, tidur di kamar kos masing-masing, dan buruknya, selalu iget bahwa hari Senin besoknya itu kita UAS!

Ini nih jalur yang bakal kita tempuh buat ke Tembalang. Jaraknya sekitar 143 km. alurnya tuh yang garisu biru tebel noh.

Pas di perjalanan, semepet sih lewat Candi Prambanan dan ide gila Adun, "Mapir dulu gimana?" Sebenernya sih kitanya suka-suka. Tapi karena takutnya nyampenya malah makin malem, gak jadi deh. Kita pun menlanjutkan perjalanan. Dan sempet minggir bentar di daerah Klaten, soalnya pantat kita pada sakit dan pada gangerti jalur selanjutnya. So, caranya, Adun, si paling depan (bukan ketua juga sih), liat Google Maps via hp gw dan jelasin dikit jalur Boyolali (nah kalo nih daerah gw rada ngerti soalnya kampung nyokap gw disini haha). Dan perjalanan pun berlanjut.

Landmarknya Klaten

Salah satu view yang gw dapet di Klaten
Dan pada akhirnya, Maghrib, sholat di masjid daerah Boyolali. Terus lanjutr lagi perjalanan ke Tembalang. Aduh, makin sedih gw ternyata harus ke Tembalang lagi. Dan semakin gelap, jalan besar, kendaraan besar-besar pun semakin banyak, macat, dingin, dan lagi perjalanan antara hidup dan mati. Harus gw hadapin lagi yang beginian dan modal gw cuma pasrah doang, sama Allah dan juga sama sopirnya (Ega).

Boyolali
Pas udah di Ungaran, ampun udah mau dekat ke Tembalang aja. Laparnya Ega dan gw pun semakin menjadi (Ega adalah anak yang cepat lapar, sementara gw kalo ada yang bilang lapar, juga ikutan jadi lapar *sama aja*). Dan ngantuknya Ega pun kambuh. Dengan cara memukul punggungnya dengan keras maka Ega kembali sadar. Eh tapi malah dia bilang, "Sakit, San." Aaaa!!! gw gak mau kejadian 2 hari yang lalu terulang lagi, malah gw gak mau jadinya lebih parah! Dan at the end, jam 9, kita nyampe Tembalang dan makan di Pakdhe, daerah Gondang, Bulusan. Selagi nunggu pesanan, tepar semua (karena tempatnya lesehan). Udah kenyang, Iman pun duluan sama Memey. Karena Ega yang ngantuk banget, gw pun dianterin sama Adun nyampe kosan. Dan gw pun nyampe kosan jam 10.

Aah, what a journey! Jadi pengen jalan-jalan lagi bareng kalo ada waktu dan duit. Just wait till the right moment. When? Where? Mollayo. But, God knows.