Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Saturday, July 20, 2013

Semester 2, It Ends Quickly, Isn't it?

The 2nd Semester, whoa, I can't believe it ends quickly. Yeah, that's so fast, only 4 months, since March till July.

Semua dimulai sejak gw naik kereta kembali ke Semarang pada akhir Februari. Yah masih antara berat dan seneng sih ninggalin liburan yang jamuran di rumahnya lama banget. Dan kalo senengnya, of course, bakal menggila lagi bersama temen-temen gw yang lain especially di Oseanografi.

Dan perkuliahan pun dimulai pada tanggal 4 Maret. Belom, belom efektif (sejak kapan ada kata 'belajar efektif' buat kuliah? dikira SMA apa). Maksud gw, dosennya belom pada dateng. Dan pikiran kami para mahasiswa rata-rata adalah, "Bodo amet! Yang penting gw udah ngisi absen." Dan gak enaknya dari doen yang gak dateng pada hari itu juga yaitu 1: cari jadwal kuliah pengganti dan itu kadang-kadang--yah, malah bisa dibilang seringkali--mengganggu rencana awal kita untuk melakukan kegiatan lain.

Dan mata kuliah yang kita pelajarin selama semester 2 pun benar-benar baru. Ini dia daftarnya:
  1. Fisika Matematika. Perkembangan, atau lebih enaknya, peng-khususan dari Kalkulus pada semester 1. Lebih kompleks lagi. Dan tentu saja gw yang emang dari dulu mubeng sama matematika (bahkan sampe sekarang sejujurnya masih) sampai akhir kuliah pun harus bertemu dengan dunia matematika yang bener-bener 'nggak banget' buat gw. Ketemu lagi sama diferensial dan integral (buat integral, dosen atau asisten dosen baru nulis lambangnya aja gw udah nguap mau cepet-cepet tidur dan meninggalkan kenyataan bahwa gw harus belajar beginian). Dan pada akhirnya pas tes, baik itu selama tutor, UTS, maupun UAS, modal ngisi jawabannya adalah 'pasrah'.
  2. Meteorologi dan Klimatologi Laut. Kalo yang ini ngomongin cuaca dan iklim, yah mau gak mau masih ada hubungannya juga sama darat walaupun judul kuliahnya dibubuhi dengan kata 'Laut'. Dan dari mata kuliah ini gw dapetin apa itu gaya Coriolis, jet stream (karena mainstream udah terlalu mainstream *yodawg), El-Nino (tapi bukan Torres), La-Nina, dan sebagainya.
  3. Botani Laut. Yang ini termasuk cabangnya dari Biologi, tapi kalo botani ini yang diomongin tumbuhan doang. Dan inti yang diomongin adalah: lamun, rumput laut, dan mangrove.
  4. Mekanika Fluida. Wah yang ini nih menurut gw matkul yang rada sesuatu. Mulai dari statika fluida sampai persamaan manometer yanh perlu dijawab dengan menggunakan persamaan dari awal--maksudnya harus dari awal banget, dari asal-usulnya kenapa bisa jadi begitu. Then ada kesetimbangan benda terapung, and the bla bla bla. Serba air dan mengingatkan gw pada PDAM.
  5. Zoologi Laut. Kalo yang ini juga cabang dari biologi, tapi yang lebih ngomongin tentang hewan. Oke gw disini suka banget sama, prakteknya, hehehe (walaupun gw nama ilmiahnya pada gak apal). Abis suka banget pas liathewan-hewannya (kecuali yang geng Polychaeta, huek). Terus abis itu disuh gambar. FYeah! Dan gw pun mengenal mimi mintuno dari sini :D dan gw bingung kenapa sampe gambar disini
  6. Kimia Perairan dan Lingkungan Laut. Oke, disini pengkhususannya dari Kimia Dasar pas semester 1. Yah lebih ngomongin yang ada di perairan dan lingkungannya (air, udara, tanah). Dan prakteknya wihii, at the end berasa bikin skripsi.
  7. Elektronika dan Instrumentasi Kelautan. Oke kalo disini ngomongin tentang elektro dan alat-alat yang dipake dalam kelautan (like censor and the other devices). Dan rada kecewa gak ada praktek elektro :( aah gabisa ketemu deh.
  8. Selam. Woohooo. Ini nih asik punya (water trap, aduh masih belom bisa banget). Fins swimming, snorkle-masker clearing, entry. Gyahaha!
Dan kalo boleh inget-inget lagi siklus kesibukan yang emang "standar banget" ya kayak buku cerita, pas awal-awal semester, berasa gak ada kerjaan, masih rada bebas. Selama bulan Maret itu masih jarang-jarang kegiatan deh, sehingga 7 orang temen-temen gw itupun masih bisa ngerjain gw pas ulang tahun di tengah malam. Terus ada lagi di akhir April ada UTS (Ulangan Tetap Santai  Tengah Semester). Nah dimulai dari April tuh gila-gilaan banget deh, segala resume, tugas, praktek, laporan, revisi. Dan pada akhirnya datanglah minggu tenang yang dimulai pada tanggal 22 Juni sampai dengan tanggal 30 Juni. Eh bubar minggu tenang langsung UAS (Ulangan Amat Santai Akhir Semester) yang dimulai dari awal Juli sampai tanggal 12 (kalo buat Oseanografi '12). Bubar itu, malamnya langsung cabut deh ke kota tercinta Jakarta. Pulang ke rumah dan bertemu kembali dengan keluarga.

Kalo di-flashback, hah, bener-bener kangen sih masa-masa semester 2. Yang paling ngenang banget itu, cukup banyak. Tapi yang paling paling paliiiinnnggg itu: Shift Malam. Shift malam itu sebutan dari kita yang mabit (bermalam) di kampus ampe pagi (bahkan ampe siang) di kampus sebelah, tepatnya di kantin FKM gyahahaha. Oke buat lebih komplitnya mungkin gw bakal post ini nanti.

Then, jalan-jalan di minggu tenang (yang udah gw post sebelumnya) ke Jogja naik motor yang bikin serasa volume dari pantat gw itu berkurang (tapi yang ngerasa banget pastinya Ega, Memey, sama Iman).

Masa-masa pusing praktek bejibun pun juga dialami. Tapi gw ngerasa praktek di semester ini rada santai. Entahlah, mungkin karena lebih bisa ngatur waktu sehingga menjadi lebih santai kali ya dibanding semester 1 yang kayaknya masih kaget udah gitu ditambah tugas-tugas dari senior yang emang udah nasibnya mahasiswa baru. Haha, untung udah dilantik.

Yaah, kurang lebihnya begitulah semester 2 gw di Oseanografi UNDIP.

No comments:

Post a Comment