Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Saturday, March 27, 2010

Fenomena yang Belum Juga Terungkap

Ilmu pengetahuan terus berkembang. Pengalaman manusia terbang di angkasa dan menyelam di bawah laut semula hanya merupaka mimpi jules verne. Kini semua itu telah menjadi kenyataan. Akan tetapi, alam tetap memiliki fenomenanya sendiri yang hingga kini belum mampu diungkap dengan pisau metode ilmiah. Namun, fenomena itu terus ada dan selalu menjadi perbincangan hangat yang memicu rasa ingin tahu. Beberapa di antaranya dituliskan di bawah ini.

Kaitan pikiran dan tubuh

Ilmu medis adalah langkah aeal memahami cara pikiran manusia mempengaruhi tubuhnya. Contohnya efek placebo atau sampel obat pembanding tak berkhasiat, yang menunjukkan bahwa manusia merasa ringan dari gejala medis atau penderitaan sakitnya karena mempercayai efektifnya perawatan yang dijalani meskipun sesungguhnya tidak demikian. Menggunakan proses-proses yang belum banyak dimengerti ini, kemampuan tubuh untuk myembuhkan diri sendiri adalah jauh lebih mengagumkan daripada kedokteran modern yang dapat dicapai saat ini.

Daya batin dan ESP

Kekuatan-kekuatan batin dan esp (extra-sensory perception) peringkatnya tinggi diantara 10 besar yang belum dapat dijelaskan hingga kini. Banyak orang mempercayai bahwa intuisi adalah salah satu bentuk dari daya batin, yaitu sebuah cara mengakses rahasia atau pengetahuan khusus tentang dunia atau masa depan. Para peneliti telah menguji orang yang mengklm memiliki kekuatan batin. Walaupun di bawah kendali kondisi ilmiah, hasilnya negatif. Beberapa berpendapat bahwa kekuatan batin tidak dapat diuji. Bila ini benar, ilmuwan tidak akan mampu membuktikan keberadaan daya batin.

Pengalaman mendekati ajal

Orang-orang yang pernah mengalami mendekati ajal atau mati suri menceritakan berbagai pengalaman mistis (seperti berjalan di dalam terowongan dan munculnya sebuah cahaya, bergabung bersama dengan yang dikasihi, dan munculnya perasaan damai). Tidak ada satu pun yang dapat membuktikan atau memverifikasi informasi dari sekitar kematian itu. Kalangan skeptis berpendapat bahwa pengalaman itu tidak dapat dijelaskan sebagai halusinasi dari otak yang traumatik, karena tidak ada cara untuk mengetahui secara pasti bahwa penyebab pengalaman mendekati ajal itu atau bukti bahwa bila mereka benar-benar melihat “dunia lain”.

“Deja vu”

Deja vu dalam bahasa perancis artinya “pernah melihat sebelumnya”, yang mengacu pada teka-teki dan perasaan asing atau misterius yang pernah dialami pada suatu kondisi spesifik sebelumnya. Seorang wanita mungkin berjalan di dalam bangunan misalnya di luar negeri yang tidak pernah dikunjungi sebelumnya, tetapi ia merasa familiar dengan lingkungan itu.

Beberapa atribut deja vu pada pengalaman psikis atau unbidden glimpses of previous lives. Seperti intuisi penelitian psikologi manusia dapat menawarkan penjelasan yang lebih naturalistik, tetapi akhirnya penyebab dan gejala alam itu sendiri masih misteri.

Hantu

Cerita tentang jiwa manusia yang telah tiada sudah ada dalam budaya kuno dan cerita rakyat di mancanegara, seperti karya shakespeare, macbeth, dari inggris. Banyak orang mengungkapkan melihat bayangan-bayangan aneh. Selain saksi mata, “penampakan” itu juga ditunjukkan pada hasil fotografi, bahkan lewat komunikasi dengan hantu. Meski begitu, bukti pasti keberadaan hantu-hantu masih elusif. Peneliti hantu berharap suatu saat dapat membuktikan bahwa roh orang yang telah meninggal dapat berkomunikasi dengan yang masih hidup, untuk menjawab misteri ini.

Hilang tak terlacak

Orang hlang karena berbagai sebab. Sebagian besar dapat ditemukan dalam kondisi hidup atau mati. Tidak demikian dengan yang benar-benar menghilang secara misterius. Kisah hilangnya perempuan penerbang amelia earhart dan navigatornya, fred noonan, menjadi misteri yang tak lekang oleh waktu di dunia penerbangan. Keduanya bersama pesawat electra hilang di dekat pulau howland pada 2 juli 1937. Mereka sebelumnya sempat mampir ke bandung untuk perbaikan pesawat. Mereka hilang tanpa jejak. Beberapa kasus serupa terjadi pada kapal dan pesawat terbang yang melintasi segitiga bermuda. Selama ini orang-orang yang hilang coba ditemukan oleh polisi. Akan tetapi, ketika bukti yang dimiliki begitu sedikit, polisi bahkan ilmu forensik pun tidak selalu dapat menemukan jawabannya.

UFO

Tidak ada keraguan tentang keberadaan UFO (United Flying Objects). Benyak orang telah melihatnya di angkas tetapi tidak dapat mereka identifikasi. Menurut mereka bentuknya menyerupai pesawat terbang hingga meteor. Obyek atau sinar itu merupakan kendaraan ruang angkasa alien adalah unsur yang benar-benar berbeda. Beberapa insiden UFO akan selalu tetap tidak dapat dijelaskan, yang berasal dari daerah yang sangat jauh di alam semesta.

Intuisi

Kita menyebutnya indra keenam. Kita mungkin pernah mengalami intuisi pada suatu saat. Tentu, perasaan itu sering keliru. Ketika pesawat terbang yang Anda tumpangi terkena tubulensi, Anda yakin pesawat itu akan jatuh. Para psikolog mencatat orang yang tanpa sadar mampu mengambil informasi yentang dunia lain tetapi tidak mengetahui secara pasti bagaimana dan mengapa ia dapat mengetahuinya. Kasus intuisi masih sulit dibuktikan dan dipelajari. Dan psikologi mungkin hanya sebagian dari jawaban itu.

Kaki besar

Selama beberapa dekade, Bigfoot atau Kaki Besar, makhluk buas menyerupai manusia yang bertubuh besar dan berbulu, beberapa kali dilaporkan tampak oleh banyak saksi mata di Amerika. Namun, tak satu pun terbunuh di tangan pemburu atau mati secara alami dan tidak ada bukti kuat seperti gig atau tulang. Karena itu, sisi ilmiah juga tidak dapat dibuktikan bahwa makhluk seperti Bigfoot dan monster Loch Ness ada dan kemungkinan binatang yang misterius dan tersembunyi itu jauh dari pengungkapan mata telanjang.

Dengungan Taos

Beberapa penduduk di kota kecil Taos, New Mexico, telah bertahun-tahun terusik oleh dengungan berfrekuensi rendah yang misterius di udara gurun pasir. Hanya sekitar 2 persen penduduk Taos yang melaporkan mendengar suara itu. Beberapa mempercayai hal itu disebabkan oleh hal akustik yang tak biasa. Adapun yang lain mencurigainya sebagai mass hysteria or some secret, sinister purpose. Meskipun digambarkan sebagai dengungan, desiran secara psikologi, alami atau supernatural belum ada yang mampu mengetahui lokasi asal suara itu.

No comments:

Post a Comment