Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Sunday, December 26, 2010

Final AFF Cup 2010 Leg 1

26 Desember 2010

Haha, hari ini gw bener-bener semangat nih. Pagi voli, terus pas di rumah gak bisa tidur sama sekali siangnya. Kenapa? Gw gak sabar banget buat malamnya nanti.

Yah, malam ini bener-bener istimewa karena jam 7 ada final Piala AFF leg 1 antara Malaysia dan Indonesia. Di leg 1 ini tandingnya di Stadion Bukit Jalil di Malaysia. Kalo leg 2 baru di GBK Senayan.

Tapi siangnya udah dapet berita gak enak banget. Kenapa? GBK dirusak sama pengantri tiket yang kesel karena udah ngantri lama dan belum kebagian tiket juga. Akibatnya beberapa infrastruktur stadion, seperti rumput, pagar pembatas, lemari, meja, dan lainnya rusak. Hadehh. Udah PSSI goblok, rakyatnya juga goblok gak punya etika. Gw sih liat beritanya dari streaming di Metro TV. Untung aja kejadiannya pas gw udah ada di rumah. Soalnya saat itu gw sekeluarga juga lagi di Senayan (tapi beda lokasi).

Pas gw liat tayangannya via netbook, et dah, gw bingung, mau ketawa, sedih, marah, atau kecewa liat kejadian kayak gini. Miris banget ya Indonesia gak punya etika sama sekali, gak panitia gak yang ngantri tiket sama aja. Bahkan diancam pindah stadion kalo kondisi lapangannya buruk. Padahal buat Rabu besok (29/12).

Tapi bersyukurlah para pemain timnas kita, karena mereka lagi di Malaysia. Coba kalo mereka lagi di Indonesia? Bisa-bisa yang ada malah rasa malu, sedih, dan semakin terbawa beban.

 

The First Leg Final

Yak, jam 7 malam tepat, peluit kick-off Malysia vs Indonesia berbunyi. Wasitnya orang Jepang. Oke sebelum kita ngomongin pertandingannya, gw mau ngalihin pembicaraan sebentar.

Gw dari awal agak merasa gak enak—lebih tepat pesimis kalo malam ini Indonesia menang. Kenapa? Bukan masalah ramalan gajah yang di Taman Safari (kalo itu sih gw boam banget), tapi masalah pertandingan sebelumnya. Bukan Indonesia-Filipina yang gw maksud, tapi saat pertandingan Malaysia-Vietnam. Nah yang jadi masalah itu pas Vietnam lagi bertandang ke Malaysia. Kenapa Vietnam—yang menyandang status sebagai juara AFF sebelumnya, tahun 2008—bisa kalah? Kata sang kiper Vietnam, saat Malaysia menyerang, matanya disorot sama laser hijau sama salah satu suporter Malaysia yang ada di tribun. Otomatis terganggu dan terjadilah gol. Rupanya dia disorot laser terus.

Nah kesimpulannya: gw takut kalo para pemain Indonesia itu disorot laser sama salah suporter Malaysia

Oke kembali ke pertnadingan. Ternyata apa yang gw perkirakan—dan beberapa suporter timnas selain gw mungkin yang memperkirakan—benar adanya. Sumpah dari TV ketahuan banget. Ketahuan dilaser sejak corner kick dari Firman Utina menit awal (kalo gak salah dia). DILASER HIJAU! Steaming mad. Yah, adek gw sama nyokap juga liat kok. Spontan aja gw ngumpat gak karuan (untung aja gak diomelin nyokap, dia juga kesel sih). BANGSAT TUH LASER!

Babak 1, Malaysia lebih dominan maju ke daerah pertahanan Indonesia. Tendangan Ahmad Bustomi yang—sialnya—tipis banget jaraknya ke luar gawang juga tendangan bebas Firman Utina yang masih melambung ke atas gawang (padahal jaraknya dikit) juga peluang Indonesia yang lain, jadinya gak ada gol dari Indonesia, begitu juga Malaysia. HALF TIME: Malaysia 0-0 Indonesia.

Pas babak 1 selesai, bokap baru pulang dari masjid. Yah, gw sama bokap chaw dulu ke toko beli cemilan galau: Farley’s.

Tak tahunya saat saya dan ayah sampai di rumah, beberapa detik yang lalu terjadi gol pertama yang dicetak oleh Malaysia. Gw males ngasitau dan gak mau tahu siapa dan menit keberapa nyetak golnya. Nyokap gw bilang kalo tadi Markus sempet protes ke wasit masalah laser. Dan as you know aja, wasitnya juga gak bener. Beberapa kesalahan (gw lupa apa aja) telah dilakukan olehnya sehingga bikin satu rumah ngumpat mulu.

Back to laser, akibat protes itu, pertandingan berhenti untuk waktu yang cukup lama. Dan setelah protes itu, tak ada lagi laser, tapi permainan Indonesia tiba-tiba menurun (lebih parah daripada babak 1). Dan mungkin karena laser, soalnya laser juga disorot ke mata Markus, sehingga konsentrasinya lost.

Tak lama kemudian, terjadilah gol kedua. Lalu gol ketiga. Disini emang Markus berada di posisi yang gak tepat, dan bek juga melakukan kesalahan besar, yaitu GAK DIJAGA, sehingga 1 by 1 antara striker Malaysia dan Markus.

Dan masuklah Irfan Bachdim menggantikan Yongki Aribowo juga Arif Suyono yang menggantikan Oktovianus Maniani (tau kenapa kali ini Okto mainnya jelek banget, gak kayak biasanya jadi playmaker), juga Bambang Pamungkas yang gantiin Christian Gonzales. Nah pas si Arif masuk nih permainan Indonesia agak meningkat sedikit. Bang Arif ini selalu nekat melakukan tendangan ke arah gawang Malaysia.

Dan sampai peluit panjang berbunyi, walaupun injury time 8 menit. Indonesia tetep gak bisa nyetak gol.

FULL TIME: Malaysia 3-0 Indonesia

 

Apa Kata Masyarakat Indonesia?

Kita warga Indonesia—termasuk gw pastinya, nerima kekalahan apa adanya malam ini. Tapi kita gak terima atas unfair play dari pihak Malaysia. Yah, kita tetep gak terima kekalahan kita malam ini. Gara-gara laser bangsat itu, semakin benci kami sama negara maling itu. Wasit, pemain Malaysia juga gak bener kelakuannya.

Dan dari stadion Bukit Jalil, sempat disorot saat kedudukan 3-0, beberapa pendukung Indonesia pergi meninggalkan stadion. Pada awalnya saya kira mereka kecewa sama hasilnya. Tapi ternyata saat saya membaca Twitter milik AFF Suzuki Cup, menurut pengakuan seorang suporter, ternyata mereka dilepari botol oleh sekelompok suporter Malaysia yang berada di tribun di atas mereka. Walah, jembel banget dah.

Semua masyarakat Indonesia, baik di dunia nyata maupun maya, semuanya bener-bener kesel sama Malaysia. Jejaring sosial seperti Facebook maupun Twitter juga gitu, isi status maupun tweet mereka gak jauh-jauh dari mengecam mereka. Situs forum seperti KASKUS, Yahoo! Answers, maupun Topix juga sama. Bahkan di Twitter, #malaysiacheatlaser dan HATE MALAYSIA menjadi Trending Topic malam ini.

Banyak juga yang pengen balas dendam. Nah, salah satunya pake tabung elpiji! Kan sama-sama hijau tuh. Dan ada yang pengen bales laser juga (kebetulan ada salah satu kaskuser yang jualan laser yang dipake malon juga, tapi harganya mahal banget!). Ada yang mau bawa lampu sorot PRJ, lasernya sniper, lampu tembak, bahkan bom, atau numbalin Nurdin Halid. Haha, ini gak beneran kok. Kita kan masih manusia.

Yah yang paling disalahin sama orang-orang ya PSSI GOBLOK! Apalagi kalo bukan karena ini. Media maupun pers juga terlalu lebay nyorotin timnas sehingga mereka keganggu.

Yah kayak kata bang Mahdid Musyawarah yang di Islam KTP sih Malaysia itu: sekumpulan mausia alay,  pea, dan kismin.

Dan intinya: ini baru leg 1. Emang sih 3-0 itu bukan kekalahan yang kecil. Kecil kemungkinan juga kalo bisa ngebalap. Tapi leg 2 main di GBK kandang kita. 3-0 juga bersyukur, masih ada perpanjangan waktu dan adu penalti. 4-0 boleh banget malah!

TETAPLAH GARUDA DI DADAKU!!! Thumbs up

No comments:

Post a Comment