Waarschuwing!!!

Blog ini tidak diperuntukkan kepada:

1. Yang tidak/belum bisa membaca

2. Yang tidak suka sama isinya atau backgroundnya

3. Yang tidak memiliki nyali untuk membuka blog ini



Jika Anda ingin membaca blog ini, persiapkan mental Anda, serta harus kuat rohani dan jasmani.

Wednesday, December 29, 2010

Final AFF Cup Leg 2

29 Desember 2010

Bangun pagi, mendengar berita Manchester United seri 1-1 melawan Birmingham di kandang Bairmingham. Tapi tetap menempati posisi puncak klasemen karena jumlah gol lebih banyak dibanding Manchester City yang berada di bawahnya dan poinnya sama.

Hari ini juga—seluruh rakyat Indonesia berharap—semoga timnas kita bisa meraih piala AFF untuk pertama kalinya pada tahun ini. Nanti malam jam 7 Final Piala AFF leg 2 antara Indonesia melawan Malaysia diselenggarakan di stadion Gelora Bung Karno Jakarta.

Hari ini juga latihan. Jadi berangkat dari rumah jam setengah 3 biar gak kejebak macet. Ternyata, apa yang terjadi? Dari Duren Sawit sampai Senayan banyak banget yang pake baju merah. Pas nyampe tempat altihan, lho kok kosong? Katanya tetep atihan walaupun sebagian yang cewe pada tanding di Bandung. Jam 4 yang harusnya mulai, malah masih kosong juga. Yang ada malah para suporter yang parkir dan yang numpang sholat atau ke toilet.

Akhirnya passing-passingan aja ama nyokap dan adek. Ampe jam 5 juga gak ada yang dateng. Sialan! Akhirnya abis itu main bola deh sama anak-anak kecil, biasa, jadi kiper.

Dan karena udah terlanjur disini, rencananya nonton finalnya di layar lebar GBK hehe. Tapi jalan kesananya pas abis Maghrib aja. Adzan Maghrib, sholat dulu.

***

Abis sholat Maghrib, langsung dah sekeluarga jalan menuju GBK. Anjir! Jalan Asia-Afrika rame abis! Semua serba merah, rame banget, terompet, angkot isinya suporter, dan lain sebagainya! Gw aja bener-bener ampe cengo banget liatnya. Sumpah! Senayan berasa kayak di final Piala Dunia aja.

Ynag jelas sih gw sekeluarga gak masuk stadion, cuma mau ke parkir timur aja liat di layar lebar sekalian ngerasain gimana suporter disini. Pas masuk lewat hall basket, anjir! Udah kayak naik haji di Mekkah aja. Emak gua ketakutan takut sama orang-orang gak bener. Gua, bokap, sama adek santai aja sambil nikmatin betapa ramenya suporter Indonesia kalo di luar, apalagi dalemnya ya. Suara mereka bernyanyi-nyanyi dukung Indonesia, tabuhan drum, berbagai macam orang dengan busana yang hampir sama (topi, jaket, jersey, stiker di muka, serba merah-putih!), para pedagang, oh God! So noisy! Cool! Baru kali ini seumur hidup gw, liat Senayan semerah ini. Norak norak Sick smile.

Karena bokap sama nyokap gw takut kalo ada rokes nanti, pas di depan istora, kita mutusin balik aja. Dan akhirnya nonton tv di warung deket GOR Voli Senayan. Oke, let’s talk about the match.

***

Kick-off dimulai jam 7 malam tepat. You know? Pas kick-off dari luar GBK berisik banget para suporter di dalam GBK. Indonesia bermain ngotot abis! Total offense. Sementara Malaysia agak sedikit santai, karena yang mereka inginkan adalah mempertahankan aggregat nya yang udah 3-0. Indonesia banyak ngeshoot ke gawang Malaysia, tapi gak menghasilkan gol juga.

Lalu salah satu pemain Malaysia melakukan handsball di dalam kotak penalti. Gila! Kita semua yang nonton di trotoar jalan komplek PLN Senayan girang banget karena itu artinya: PENALTI!!! Gw juga ampe serak saking girangnya.

Firman Utina menjadi eksekutornya. Kita hening sejenak. Setelah peluit wasit yang berasal dari Australia ditiup, Firman pun menendang. Tapi apa yang terjadi? Tendangannya berhasil ditangkap oleh Fakhri, kiper Malaysia. HUANJEEER!!!! Gatot tendangannya. Sejenak gw dan penonton yang lain ngumpat-ngumpat kasar.

Dan kami sekeluarga memutuskan untuk pulang nonton di rumah. Orang-orang berteriak tanda bahwa sekali lagi dan lagi dan lagi, gagal memasukkan bola ke gawang.

Pas pulang, wow! Jalanan dari Senayan sampai Pondok Kelapa lewat Semanggi, Pancoran, Cawang—yang biasanya macet banget—lengang total! Jadi gak ada setengah jam udah nyampe di rumah. Dan pas nyampe rumah babak 2 udah berjalan 5 menit.

Pas nyetel TV di rumah, pas banget sama terbobolnya gawang Indonesia. Ampun, 1-0 Malaysia, agg 4-0. Beknya juga sih kurang sigap. Jadi kesalahan utama bukan berada pada kiper.

Ya, itu gak buat Indonesia makin letoy. Irfan diganti Bambang dan Firman diganti Eka Ramdani (duh, kangen banget gw liat Eka main). Ya, permainan jadi sedikit lebih baik. Arif Suyono, yang dari awal punya ini paling punya inisiatif buat ngerusak pertahanan Malaysia, mengalami cedera dan harus dibawa ke luar lapangan dan diganti oleh Tony.

Nah, disini—sori banget gw gak tahu menit keberapa, Nasuha nyetak gol sehingga skornya menjadi 1-1 agg 4-1. Go Indonesia! Cetak 4 gol lagi walaupun pertandingan sebentar lagi udah selesai. Dan beberapa menit kemudian Indonesia mencetak gol lagi melalui tendangan Hamka Hamzah, sehingga skor menjadi 2-1 untuk Indonesia dengan agg 4-2 untuk Malaysia.

Yah pertandingan berjalan 3 menit lagi. Gw udah gak nonton. Dan sisanya peluang yang gagal. Dan sampai peluit panjang berbunyi, skor gak berubah, dan Malaysia juaranya.

Fuuuh… biasanya kalo gak juara atau kalah dikit, penonton rusuh yang disana, semua orang menghujat. Tapi yang terjadi malah sebaliknya. Legowo dan tetep dukung timnas! Menganggap kekalahan bukanlah akhir dari segalanya. Suporter yang di GBK dan sekitarnya juga diberitakan tertib. Ya ampun, kenapa sih dari dulu gak kayak gini!? Yang ada malah spanduk dan teriakan NURDIN TURUN! Twitter juga gak kalah ramenya. Trending Topic rata-rata yang berhubungan sama timnas, salah satunya #garudafightsback, Ahmad bustomi, Fakrhri (kiper Malaysia), dan gw lupa lagi.

Malaysia dapet pialanya, kita hanya runner-up. Safee (striker Malaysia) jadi top-skorer, Firman Utina jadi MVP player. Dan suporter terbaik jatuh kepada: suporter INDONESIA!!! HIP HIP HORE! Party smile

Dan kesimpulan kecil, Indonesia sama kayak Belanda pas Piala Dunia Juli lalu. Pertandingan sebelunya tak pernah kalah, tapi kalah di final.

Yah, lose isn’t end of everything, is the way to be champion. AYO INDONESIA!!!

No comments:

Post a Comment